ANALISIS KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL PEMASANGAN VENTILATOR DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Maria Ulfa, Fiqih Adhyaksafitri

Abstract


Latar belakang: Penerapan standar prosedur operasional (SPO) pemasangan ventilator adalah salah satu upayapencegahan dan pengendalian infeksi. Pelaksanaan SPO bergantung pada kepatuhan perawat yang dapat bervariasi
karena dipengaruhi oleh seperti faktor internal (jenis kelamin, pengetahuan, dan sikap) serta faktor eksternal (karakteristikkelompok dan pekerjaan).
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui tingkat kepatuhan perawat, serta hubungan dan pengaruh faktor internal danfaktor eksternal terhadap kepatuhan perawat dalam melaksanakan SPO pemasangan ventilator di RS PKU MuhammadiyahYogyakarta.
Metode: Penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional yang hasilnya disajikan secaradeskriptif dilanjutkan analisis bivariat dan analisis multivariat. Subjek penelitian adalah perawat ruang ICU RS PKUMuhammadiyah Yogyakarta. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan checklist observasi yang juga dicocokkandengan lembar wawancara.
Hasil dan Pembahasan: Sikap, pengetahuan, dan faktor eksternal memberikan kontribusi terhadap kepatuhan perawatsebesar 34,4% dan sikap merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan perawat.
Kesimpulan: Beberapa perawat masih tidak mematuhi SPO sepenuhnya, rekomendasi yang perlu dilakukan adalahmeningkatkan kepatuhan perawat dengan cara meningkatkan monitoring, memberikan pelatihan dan motivasi perawatdalam mematuhi SPO pemasangan ventilator.
Kata Kunci: kepatuhan perawat, standar prosedur operasional pemasangan ventilator


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.