ANALISIS LETAK SUMBER AIR RUMAH TANGGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MIJEN, SEMARANG TERHADAP BAKTERI ESCHERICHIA COLI

Kanti Ratnaningrum, Merry Tiyas Anggraini, Pujangga P.Y. Dahlan

Abstract


Latar belakang: Angka temuan kasus diare di wilayah kerja Puskesmas Mijen, Semarang masih relatif tinggi. Salah satupenyebab penyakit diare adalah kondisi air yang tercemar sumber pengotoran seperti dekatnya jarak sumber air denganseptic tank. Escherichia coli merupakan bakteri yang mungkin ditemukan pada air yang tercemar sumber pengotoran.Cakupan bidang kesehatan lingkungan dalam hal pengawasan dan pengendalian kualitas air di wilayah kerja PuskesmasMijen secara kseluruhan masih jauh dari capaian target, berdasarkan data tersebut maka perlu dilakukan penelitianmengenai analisis jarak septic tank dengan sumber air rumah tangga terhadap adanya bakteri Escherichia coli.
Metode: Penelitian ini merupakan studi crossectional yang dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Mijen. Pengambilansampel menggunakan metode systematic random sampling pada 10 kelurahan yang masuk dalam wilayah kerja denganpenentuan besaran sampel menggunakan rumus estimasi proporsi. Uji laboratorium kadar bakteri Escherichia colidalam air dilakukan di laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Data dianalisismenggunakan uji chi square.
Hasil: Dari 36 sampel air di dapatkan hasil tidak terdapat hubungan yang signifikan antara jarak septic tank dengansumber air rumah tangga terhadap adanya bakteri Escherichia coli (P-value = 0,2).
Kesimpulan: Jarak septic tank dengan sumber air rumah tangga tidak berhubungan dengan temuan bakteri Escherichiacoli pada air rumah tangga di wilayah kerja Puskesmas Mijen.

Kata kunci: air rumah tangga, septic tank, Escherichia coli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.