DETERMINAN BIOLOGI MATERNAL DAN SOSIAL EKONOMI APAKAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSALINAN TINDAKAN SC PADA IBU BERSALIN DI RSU WIRADADI HUSADA

Refni Riyanto

Abstract


Latar Belakang: Angka kematian ibu (AKI) di Indonesia pada tahun 2010 sebesar 228/100.000 kelahiran hidup. Salahsatu penyebab AKI yang tinggi adalah penyulit persalinan. Kejadian penyulit persalinan di perkirakan mencapai 31%.Kejadian penyulit persalinan memerlukan tindakan persalinan untuk meningkatkan morbiditas ibu. Walaupun demikian,persalinan dengan tindakan memiliki resiko kesakitan dan kematian ibu lebih tinggi dibandingkan dengan persalianantanpa tindakan atau persalinan normal. Tingginya angka persalinan melalui tindakan Seksio Cesaria (SC) di RSUWiradadi Husada disebabkan adanya beberapa faktor meliputi faktor maternal biologi dan faktor sosial ekonomi yangmenyertai ibu bersalin.
Tujuan: Tujuan umum penelitian adalah untuk mengidentifikasi determinan biologi maternal dan sosial ekonomi yangberhubungan persalinan tindakan SC pada ibu bersalin di RSU Wiradadi Husada.
Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik dengan rancangan penelitian kasus-kontrol. Populasipenelitian adalah Ibu yang melakukan persalinan di RSU Wiradadi Husada, yang terbagi menjadi sampel kasus dankontrol, dengan perbandingan 1:1. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data peneltianmerupakan data sekunder dan dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Analisis data meliputi analisis univariat,analisis bivariat menggunakan analisis pearson chi square, dan analisis multivariat melalui Uji regresi logistik ganda.
Hasil: Terdapat tiga faktor biologi maternal yang berhubungan dengan persalinan tindakan SC di RSU WiradadiHusada yaitu usia ibu (p value 0,002<0,05), status gizi (p value 0,024<0,05), dan riwayat komplikasi persalinan (p value0,000<0,05). Terdapat dua faktor sosial ekonomi yang berhubungan dengan persalinan tindakan SC di RSU WiradadiHusada, yaitu status ekonomi (p value 0,03<0,05)dan wilayah tempat tinggal (p value 0,012<0,05).
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan variabel riwayat komplikasi persalinan merupakan veriabelpaling dominan yang berhubungan dengan persalinan tindakan SC di RSU Wiradadi Husada.

Kata kunci: Seksio Cesaria, biologi maternal dan sosial ekonomi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.