PENGARUH PEMBERIAN FORMALIN PERORAL TERHADAP MUKOSA LAMBUNG TIKUS PUTIH STRAIN WISTAR (RATTUS NORVEGICUS STRAIN WISTAR)

Muhammad Fadhol Romdhoni

Abstract


Objektif : Gastritis merupakan salah satu penyakit paling banyak dijumpai di klinik, pada tahun 2001 prevalensi gastritiskronik di Indonesia 4,3 % dari rata rata 100.000 populasi dan salah satu penyebabnya adalah zat aditif seperti formalin.Formalin banyak disalahgunakan terutama dibidang industri makanan, bila dikonsumsi akan menyebabkan kelainanpada tubuh. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan pengaruh formalin peroral subakut terhadap mukosa lambungtikus putih strain wistar (Rattus norvegicus strain wistar).

Metode & Sampel : Penelitian ini merupakan eksperimental murni, dengan rancangan The Posttest Control GroupDesain. Sampel penelitian adalah tikus putih strain wistar yang dibagi dalam 4 kelompok. Kelompok I sebagai kontroltanpa pemberian formalin dan kelompok lainnya diberi formalin dosis 20 ppm, 40 ppm dan 80 ppm.

Hasil & Pembahasan : Hasil yang didapat dari penelitian adalah pemberian formalin menyebabkan hiperplasia,hipertropi, atropi, radang (ANOVA p = 0,000). Pengaruh pemberian formalin terhadap perubahan sel mukosa lambung tikus diduga terikatnya formalin dengan protein DNA sehingga mengganggu ekspresi genetik.

Kesimpulan : Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian formalin terbukti dapat menyebabkan perubahansel mukosa lambung tikus putih strain wistar, dan diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui dosis minimal yangmengakibatkan perubahan sel mukosa lambung serta bagaimana mekanismenya.

Kata kunci : Gastritis; formalin; Mukosa lambung; tikus.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.