HUBUNGAN SIKAP PENGELOLA WISATA TERHADAP UPAYA PEMELIHARAAN KESEHATAN LINGKUNGAN DI JUWANA WATER FANTASY (JWF)

Maya Lusiana Maulini, Achmad Syaifudin, Boediarsih -

Abstract


Banyak tempat-tempat pariwisata di Indonesia yang menawarkan berbagai macam hiburan baik berupa wisata air, wisata alam, sampai wisata yang menantang. Untuk menarik pengunjung maka dari pihak
pengelola diwajibkan untuk mengelola tingkat kebersihan di lingkungan objek  pariwisata tersebut.
Karena para pengunjung akan merasa nyaman bila lingkungan atau tempat yang mereka kunjungi itu bersih dan sehat. Salah satu tujuan dari  manajemen pariwisata adalah tingkat kenyamanan dan kebersihan
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sikap pengelola wisata terhadap upaya pemeliharaan kesehatan lingkungan di Juwana Water Fantasy (JWF) .
Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan sampel 67 reponden. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sesuai dengan kriteria inklusi. Analisa dalam penelitian ini menggunakan chi square.
Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan sikap pengelola wisata terhadap upaya pemeliharaan kesehatan lingkungan dengan p value = 0,005.
Diharapkan ada pengembangan penelitian tentang sikap pengelola wisata dan upaya pemeliharaan kesehatan lingkungan dengan sampel dan desain yang lebih proporsional.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JKK | Jurnal Keperawatan Komunitas | ISSN : 2338-204X

Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang

Gedung NRC Lantai Dasar : Kampus Terpadu Unimus } Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang