Pengaruh Variasi Waktu Clearing Terhadap Kualitas Sediaan Awetan Permanen Ctenocephalides Felis

Arya Iswara(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sediaan awetan permanen adalah teknik pengawetan preparat untuk berbagai macam parasit, salah satunya adalah Ctenocephalides felis. Proses pembuatan preparat awetan melalui tahapan clearing. Clearing merupakan proses perendaman didalam larutan xylol selama 15 menit yang bertujuan menjadikan struktur Ctenocephalides felis terlihat jernih. Hasil penjernihan akan menghasilkan hasil yang maksimal apabila digunakan waktu perendaman dalam xylol selama semalam. Hasil perendaman semalam dapat memperlihatkan struktur tubuh Ctenocephalides felis yang lebih jelas, jernih dan transparan. Lamanya waktu penjernihan yang diperlukan dirasa kurang efektif sehingga dirasa untuk dilakukan penelitian penggunakan waktu yang lebih pendek, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi waktu clearing terhadap kualitas sediaan awetan permanen Ctenocephalides felis.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel yang didapatkan diproses untuk dilakukan pembuatan sediaan permanen dengan menggunakan 3 variasi waktu clearing yaitu 5, 15 dan 25 menit.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas sediaan dengan perlakuan clearing 25 menit lebih baik dibandingkan kualitas sedian dengan perlakuan clearing 15 menit dan 5 menit. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin lama dilakukan proses clearing maka semakin baik kualitas sediaan awetan permanen yang didapatkan.

Keywords


Sediaan awetan permanen, clearing, Ctenocephalides felis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1658 times
PDF - 207 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jlabmed.1.1.2017.12-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Labora Medika



 

View My Stats
Program Studi Teknologi Laboratorium Medik Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung Laboratorium Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740295
Email: [email protected]