STUDI DESKRIPTIF ANALISIS TERHADAP BIMBINGAN GURU DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADAPEMBELAJARAN IPABERBANTUAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

Budiharto Budiharto(1*), Sri Handayani(2), Triyoto Triyoto(3)


(1) UPBJJ-Universitas Terbuka Semarang
(2) UPBJJ-Universitas Terbuka Semarang
(3) UPBJJ-Universitas Terbuka Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran IPA pada siwa kelas VSDN Magersari Rembang selama ini masih berpusat pada guru dan masih sering menggunakan metode ceramah, guru kurang melibatkan siswa untuk melakukan percobaan-percobaan, guru kurang memahami arti pendekatan keterampilan proses dan rendahnya pemahaman siswa dimana nampak pada hasil belajar dari 33 siswa hanya 9 siswa atau 27% siswa yang tuntas dari 24 siswa atau 73% siswa yang belum tuntas.Untuk mengatasinya, perlu dilakukan perbaikan dengan bimbingan guru dalammenerapkan Pendekatan Keterampilan Proses. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas V SD. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan guru dalam merancang ide pembelajaran pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SDN Magersari Rembang pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya, (2) Pelaksaanaan pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi cahaya dan sifat-sifatnya.(3)Hasil belajar siswa dalam pendekatan keterampilan proses,pada mata pelajaran IPAmateri cahaya dan sifat-sifatnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 orang. Pelaksanaan PTK yang digunakan meliputi empat tahapan, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: tes, lembar observasidan catatan lapangan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar4l%, meningkat pada siklus 2 menjadi 64% dan meningkat kembali di siklus III menjadi 82% diatas target yang diharapkan yaitu 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Saran untuk guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sebaiknya lebih banyak menggunakan model pembelajaran yang inovatif seperti yang telah dilakukan peneliti, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat sesuai situasi dan kondisi lingkungan setempat.


Keywords


Bimbingan guru, penguasaan konsep, pendekatan keterampilan proses

Full Text:

PDF

References


Anitah Sri, dkk.(2000). Strategi Pembelaiaran.Iakarta: Universitas Terbuka

Haryant; ( 2004). Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta:Erlangga

Ibrahim, M, et al. (2000).Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Indrawati dan Setiawan.(2009). Pembelajaron Aktif, Kreatif, Efehif, danMenyenangkan PAKEM). Bandung: Pusat Pengembangan danPemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam(PPPPTK IPA)

Muslim, dkk.(2006). Konsep Dasar Fisika.Bandung.UPI Press

Nurhayati, Nunung. (2006). Ringkasan dan Bank Soal SAINS. Bandung:YramaWidya. ,

Poppy Kamalia Devi. (2010), Ketrampilan Proses dalam Pembelajaran IPA, Jakarta: PPPPTK IPA

Purba dan Wartono, (1998).Strategi Belajor Mengajar Pendidikan Sains. Bandung:Remaia Rosdakarya

Rositawaty, S & Aris Muharam.(2008). Senang Belajar IPA Kelas 5. Jakarta: PusatPerbukuan Depdiknas.

Ruhimat, Toto, dkk.( 2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: JurusanKurtekpen.

Sumatowa, Usman. (2010). Pembelaiaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PermataPuri Media.

Slameto. (2001) .Evaluasi Pendidikn. Jakarta:Bumi Aksara

Sudjana, Nana. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Rosdakarya

Sumatowa Usman, (2006) Bagaimana Membelajarkan IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta:Depdiknas.DirektoratJenderal.

Trianto.(2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka llmu

Wand, Edwin, and Brown, Gerald W. (1957). Essentials of 'EducationalEvaluation.,New York :Holt Rinehart and Winston.


Article Metrics

Abstract view : 402 times
PDF - 72 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.1.2017.10-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University