PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEB UNTUK SMA/MA

Tri Jati Harmoko, Karmanto Karmanto, Jamil Suprihatiningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat web pembelajaran dalam jaringan dengan konsep user generated content, mengetahui kualitas web pembelajaran dalam jaringan dengan konsep user generated content berdasarkan penilaian peer reviewer dan ahli media, mengetahui respon pengguna terhadap web pembelajaran dalam jaringan dengan konsep user generated content yang dikembangkan.Metode dalam pengembangan web pembelajaran dalam jaringan menggunakan metode pengembangan 4-D. Kualitas web pembelajaran dalam jaringan ditentukan menggunakan metode expert justment (penilaian ahli) dengan instrumen lembar kualitas. Respon pengguna terhadap web pembelajaran dalam jaringan diperoleh menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini ialah produk web pembelajaran dalam jaringan yang layak untuk SMA/MA dan dapat diakses melalui laman materikimia.com. Kualitas web pembelajaran dalam jaringan berdasarkan expert justment termasuk ke dalam kualifikasi/predikat Sangat Baik. Respon pengguna terhadap web pembelajaran dalam jaringan yang dikembangkan termasuk ke dalam kualifikas/predikat Sangat Baik.

Keywords


penelitian pengembangan, media pembelajaran kimia, pengembangan web

References


Agung, AA. Gede. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Suatu Pengantar. Singaraja. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, W.R., and Gall, M.D. (1983). Educational Research and Introduction ( ed). New York: Longman.

Cosseboom, Leighton. (2015). Apa Arti User Generated Content bagi Media di Indonesia. https://id.techinasia.com/arti-user-generated-content-media-indonesia. Diakses pada tanggal 18 Desember 2016.

Gay, L.R. (1990). Educational Research: Competencies for Analysis and Application Third Edition. New York: Macmillan Publising Company.

Gunawan, H. Budi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Website pada Pokok Perubahan Zat untuk Peserta Didik SMP/MTs. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Kadir, Abdul. (2003). Pemrograman Web Mencakup HTML, CSS, Javascript dan PHP. Yogyakarta: Andy Publisher.

Komputer, W. (2006). Menguasai Pemrograman Web dengan PHP 5. Yogyakarta: Andy Offset.

Nugroho, Bunafit. (2007). PHP dan MySQL dengan Editor Dreamweaver MX. Yogyakarta: Andi Offset.

Pratama, A.P., dan Buditjahjanto, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web (Web Based Learning) pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Pada Siswa Kelas XII TEI, di SMK Negeri 1 Sukorejo, Pasuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 05 Nomor 02, 567. Diambil pada 1 Desember 2016, dari http://ejournal.unesa.ac.id/article/18958/44/article.pdf

Purwanto, Swida. (2016). Pengembangan Web Site Matematika Sekolah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa, Siswa Sekolah Menengah dan Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajaran (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia, 2502-6526. Diambil pada 1 Desember 2016, dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7001/63_134_Makalah%20Rev%20Swida%20Purwanto.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Putri, D.I., Hernawan, H. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Web Centric Course untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Embriologi di Program Strudi Pendidikan Biologi STKIP Garut. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia. Diambil pada 1 Desember 2016, dari http://biology.umm.ac.id/files/file/34-41%20Diah%20Ika%20Putri%20-%20Hudiana%20Hernawan.pdf

Rusman. (2013). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Salim, Joko. (2009). Step by Step Internet. Bandung: PT. Elex Media Komputindo.

Sari, R.A., Saputro, S., & Catur, S.A.N. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog untuk Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3 No. 2, 7. Diambil pada 1 Desember 2016, dari http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3343/2488

Setyarini, Erin. (2014). Pengembangan Web Fisika Bermuatan Integrasi Islam-Sains pada Materi Gelombang Elektromagnetik untuk SMA/MA Kelas X. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Siddik, H. (2015). Hakikat Pendidikan Islam. Al-Riwayah, Vol 8, No 1. Diambil pada 2 Februari 2017, dari http://e-jurnal.stain-sorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/117

Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran. Diktat mata kuliah evaluasi pembelajaran. Prodi TP PPs UNY. Tidak diterbitkan.

Sugeng, Winarno. (2010). Jaringan Komputer dengan TCP/IP. Bandung: Modula.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Tasri, Lu’mu. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal MEDTEK, Volume 3, No 2. Diambil pada 1 Desember 2016, dari http://www.ft-unm.net/medtek/Jurnal_MEDTEK_Vol.3_No.2_Oktober_2011_pdf/Jurnal%20Lu'mu%20Tasri.pdf

Winaya, I., Darmawiguna, I., & Sindu, I. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. KARMAPATI, Volume 5, Nomor 2, 1. Diambil pada 1 Desember 2016, dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/8527/5568


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press