PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING DENGAN MODEL TAPPS PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X SEMESTER I DI SMA NASIMA SEMARANG

Achmad Buchori(1*), Noviana Dini Rahmawati(2), Sunan Baedowi(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengembangan Mobile learning dengan model TAPPS Pada Materi Barisan dan Deret di SMA NASIMA Semarang valid dan mengetahui pembelajaran matematika berbantuan Mobile learning dengan model TAPPS Pada Materi Barisan dan Deret di SMA NASIMA Semarang efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester I tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan subjek penelitian ini adalah terdiri dari 2 kelas yang masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan dan penentuan subyek penelitian ini diambil dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan. Perangkat yang dikembangkan adalah media Mobile learning dengan model TAPPS pada Materi Barisan dan Deret untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa yang memenuhi kriteria valid dan efektif. Prosedur penelitian ini, mengacu pada pengembangan 4D Thiagarajan namun dibatasi sampai 3 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan Mobile learning dengan model
TAPPS Pada Materi Barisan dan Deret telah mencapai indikator efektif, yaitu: (1) produk Mobile learning dengan model TAPPS Pada Materi Barisan dan Deret mendapat penilaian validasi ahli media 94,2% dan ahli materi 97,4% dengan kriteria layak. (2) Terdapat tanggapan yang positif terhadap media mobile learning yang ditunjukkan kontribusi pengaruhnya sebesar 90,3%. (3) Prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding prestasi belajar kelas kontrol yang ditunjukkan dengan rata – ratanya yaitu rata – rata kelas eksperimen sebesar 94,28 dan rata – rata kelas kontrol sebesar 92,59. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guruuntuk mencoba melakukan pengembangan media pembelajaran matematika dengan memanfaatkan teknologi yang berupa mobile learning untuk pembelajaran, sehingga akan menambah
wawasan bagi guru maupun siswa.

Kata Kunci: mobile learning,  barisan dan deret, model TAPPS.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 431 times
PDF - 254 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.2.2.2015.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Matematika

Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401

 

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401