KEEFEKTIFAN PENGGABUNGAN MODEL KUMON DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaranKumon dan Teams Games Tournament berbasis Pendidikan Karakter. Metodepenelitian yang digunakan adalah eksperimen. Analisis telah dilakukan dan mendapatkan hasil yaitu peserta didik yang diberi model pembelajaran Kumon dan Teams Games Tournament berbasis Pendidikan Karakter telah mencapai ketuntasan prestasi belajar dengan rata-rata prestasi belajar yang diperoleh adalah 81,81 dengan kriteria ketuntasan minimum 77. Uji Pengaruh menunjukkan bahwa keaktifan memilikipengaruh sebesar 0,1 %, sedangkan keterampilan proses memiliki pengaruh sebesar0,2 % serta keaktifan dan keterampilan proses memiliki pengaruh sebesar 0,2 %. Ujibeda menunjukkan bahwa model berbasis masalah dibandingkan dengan model Kumon dan Teams Games Tournament berbasis Pendidikan Karakter tidak memiliki perbedaan.
Namun secara statistika model berbasis masalah lebih baik daripada model Kumon danTeams Games Tournament berbasis Pendidikan Karakter karena memiliki nilai 84,91 lebih dari 81,81. Dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini kurang efektif.
Kata kunci: Kumon dan Teams Games Tournament, keaktifan, keterampilan proses
Namun secara statistika model berbasis masalah lebih baik daripada model Kumon danTeams Games Tournament berbasis Pendidikan Karakter karena memiliki nilai 84,91 lebih dari 81,81. Dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini kurang efektif.
Kata kunci: Kumon dan Teams Games Tournament, keaktifan, keterampilan proses
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 503 timesPDF - 371 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.2.2.2015.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Matematika
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401