Keadilan Ekonomi dalam Perspektif Ekonomi Syariah: Sebuah Tinjauan Teori

Suryani Suryani(1*)


(1) STAIN Malikulsaleh
(*) Corresponding Author

Abstract


Manusia telah diciptakan untuk menangani bumi ini untuk mencapai kemakmuran dan kebahagiaannya, dengan tidak boleh mengambil tindakan yang lain kecuali untuk menegakkan keadilan. Islam menghendaki supaya keadilan itu dapat dicapai dalam segala aspek hidup, termasuk politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Komitmen Islam yang besar pada persaudaraan dan keadilan, menuntut agar semua sumber daya dimafaatkan untuk mewujudkan maqashid syari’ah, yakni pemenuhan kebutuhan hidup manusia, terutama kebutuhan dasar (primer), seperti sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan. Persaudaraan dan keadilan juga menuntut agar sumberdaya didistribusikan secara adil kepada seluruh rakyat melalui kebijakan yang adil melalui instrumen zakat, infaq, sedekah, pajak, kharaj, jizyah, cukai ekspor-impor dan sebagainya.

Konsep keadilan sosio ekonomi dalam Islam berbeda secara mendasar dengan konsep keadilan dalam kapitalisme dan sosialisme. Keadilan sosio ekonomi dalam Islam, selain didasarkan pada komitmen spritual, juga didasarkan atas konsep persaudaraan universal sesama manusia.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3781 times
PDF - 1658 times

DOI: https://doi.org/10.26714/mki.2.1.2011.39-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang 
ISSN 2087-2836 (print) | ISSN 2580-9482 (online)
Organized by Department of Accounting, Faculty of Economic and Business, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/MAX
E : [email protected], [email protected]

Maksimum: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.