EVALUASI KINERJA IMAG PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO COKRO TULUNG KABUPATEN KLATEN

Mahalla -(1*), Suharyanto -(2), M.Isnaeni BS -(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


IMAG (Induction Motor as Asynchronous Generator) atau motor induksi yang digunakan sebagai generator asinkron telah banyak digunakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) yang kapasitasnya kecil,yaitu dibawah 100 Kw. Keunggulan IMAG adalah harganya murah, kostruksinya sederhana, perawatan mudah dan banyak terdapat dipasaran, namun permasalahan kestabilan tegangan dan frekuensi pada saat terjadi perubahan beban dan perubahan kecepatan penggerak mula merupakan kendala dalam pengoperasian IMAG.

Evaluasi kinerja dari IMAG pada sistem PLTMh perlu dilakukan, yaitu analisis stabilitas tegangan dan frekuensi dan analisis beban harian. Berdasarkan analisis sistem secara umum, effisiensi total IMAG adalah 47,48 % dan posisi ruang turbin dan IMAG masih jauh dari area bebas banjir, sehingga tinggi jatuh (head) dapat ditingkatkan 1 meter menjadi 2,21 meter, hal ini dapat meningkatkan daya potensial dan daya terbangkit sebesar 82,56 % Berdasarkan analisa beban harian, perubahan beban utama mempengaruhi perubahan tegangan dan frekuensi output dari IMAG, hal ini disebabkan karena pengontrol beban yang ada sekarang tidak bisa bekerja dengan cepat (responnya lambat) untuk mengalihkan perubahan beban utama ke beban semu (ballast load).

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengontrol tegangan dan frekuensi, salah satu metode adalah dengan mengatur beban (dummy load). Hasil analisa akan dijadikan rekomendasi untuk perbaikan PLTMh sehingga ketidak stabilan tegangan dan frekuensi bisa diatasi untuk menjamin mutu listrik yang dihasilkan oleh IMAG pada sistem PLTMh.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 337 times
PDF - 157 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v6i1.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.