PEMODELAN DAN SIMULASI FILTER AKTIF SHUNT UNTUK PERBAIKAN HARMONISA SEBAGAI UPAYA PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK

Luqman Assaffat(1*), Sri Arttini D. P.(2), M. Haddin -(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu metode dalam melakukan penghematan energy adalah dengan memperbaiki kualitas daya listrik. Permasalahan utama dalam kualitas daya listrik adalah permasalahan harmonisa. Harmonisa mempunyai dampak buruk pada sistem tenaga listrik, antara lain terjadinya pemanasan pada trafo, malfungsi peralatan listrik, kesalahan pembacaan pada alat ukur dan kerugian secara finansial.

Pengendalian harmonisa pada sistem tenaga dapat dilakukan dengan pemasangan filter harmonisa. Terdapat beberapa jenis filter harmonisa, antara lain filter pasif dan filter aktif. Filter aktif mempunyai kemampuan yang lebih baik dari pada filter pasif karena dapat memperbaiki arus harmonisa sesuai dengan keadaan beban.

Pemodelan filter aktif shunt dengan bantuan Matlab/Simulink dan Power System Blocket bertujuan untuk menganalisa berapa besar distorsi harmonisa yang dapat diperbaiki dan besarnya energy listrik yang dapat dihemat. Data simulasi menggunakan data harmonisa pada sistem tenaga listrik Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” Semarang. Hasil simulasi pemodelan filter aktif shunt menunjukkan bahwa THD Harmonisa arus pada sistem dapat diturunkan sebesar rata-rata 6%. Sedangkan perkiraan energy listrik yang dapat dihemat sebesar 13.692,12 kWH selama satu tahun.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1021 times
PDF - 374 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v6i1.1051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.