EVALUASI METODE PENGUKURAN KONDISI ISOLATOR DALAM KEADAAN BERTEGANGAN JARINGAN 500 KV PENGHANTAR UNGARAN – MANDIRANCAN II TOWER 470

M. Toni Prasetyo(1*), Novan Nur Hidayah(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem transmisi menghantarkan energi listrik dalam tegangan yang sangat tinggi untuk jarak yang sangat jauh. Tegangan yang sangat tinggi dengan arus beban yang besar pula, menyebabkan semakin besar kemungkinan isolator yang menahan besarnya beban mekanis dan pejanan elektris terus menerus untuk mengalami kerusakan. Hal ini ditambah lagi dengan pengaruh alam dan lingkungan disekitarnya.

Saat ini, pemeliharaan dan penggantian isolator dapat dilakukan dalam jaringan tanpa padam, tetapi sebelum memulai pelaksaannya, integritas mekanis dan elektris dari isolator perlu dikonfirmasikan terlebih dahulu. Melalui inspeksi secara visual dapat diketahui kerusakan fisik dari isolator tetapi tidak dengan integritasnya secara elektris. Untuk keperluan ini, telah banyak dikembangkan berbagai perangkat pengukuran yang mampu mengukur kondisi isolator dalam kondisi jaringan tanpa padam (energize). Beberapa diantaranya dapat digunakan hingga tegangan 765 kV.

Ada dua macam perangkat pengukuran yang secara umum telah digunakan di Indonesia dengan dua macam metode kerja yang berbeda, antara lain Isolometer dan Positron Insulator Tester. Isolometer bekerja berdasarkan metode pengukuran beda potensial yang melintasi sebuah isolator, sedangkan Positron Insulator Tester bekerja berdasarkan pengukuran medan listrik pada sebuah isolator. Evaluasi disini untuk mengetahui perangkat pengukuran dan metode yang paling tepat dan paling efektif untuk digunakan di lapangan, terutama pada jaringan Ttransmisi Tegangan Tinggi 500 kV.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 565 times
PDF - 131 times

DOI: https://doi.org/10.26714/me.v6i2.1054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Editorial Office of Media Elektrika


Universitas Muhammadiyah Semarang FT-FMIPA Building, 7nd Floor. 
Department of Electrical Engineering
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah, Indonesia 50273

Phone: 085299398663
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.