PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI LARUTAN JAHE DAN LAMA WAKTU PERENDAMAN TERHADAP JUMLAH TOTAL MIKROBA PADA IKAN BANDENG

Rhena Justitia Octovrisna(1*), Rahayu Astuti(2), Ratih Sari Wardani(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang : Ikan merupakan bahan makanan yang banyak mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh, hal yang penting dari ikan adalah ikan mudah sekali cepat rusak. Salah satu cara untuk memperpanjang masa simpan ikan adalah dengan menambahkan bahan pengawet. Bahan pengawet makanan yang berasal dari rempah-rempah salah satunya adalah jahe.

Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi larutan jahe dan lama waktu perendaman terhadap total mikroba pada Ikan Bandeng.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan percobaan faktorial 4 x 3 menggunakan rancangan acak lengkap. Sampel penelitian adalah Ikan Bandeng yang telah diberi berbagai konsentrasi dari larutan jahe yaitu (0,10%,15% dan 20%) yang dilakukan pengamatan 0 jam, 3 jam dan 4 jam. Dengan 3 kali pengulangan pada masing-masing perlakuan Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsentrasi larutan jahe dan lama waktu perendaman, sedangkan variabel terikat total mikroba. Analisis data menggunakan uji two way anova dengan tingkat kemaknaan 5% .

Hasil: Hasil pemeriksaan total mikroba pada konsentrasi jahe 0 % (kontrol) adalah 61 x 103 kuman/ml, pada konsentrasi 10% adalah 5 x 103 kuman/ml, pada konsentrasi larutan 15% adalah 4 x 103 kuman/ml, dan pada konsentrasi 20% jumlah total mikroba menjadi 2,5 x 103 kuman/ml. Pada hasil pemeriksaan total mikroba berdasarkan lama perendaman (0 jam, 3jam dan 4 jam) terhadap total mikroba dengan nilai rata-rata 26,3 x 103 kuman/mlpada lama perendaman 0 jam, pada lama perendaman 3 jam rata-rata jumlah total mikroba sebesar 32,3 x 103 kuman/ml, dan pada lama perendaman 4 jam rata-rata jumlah total mikroba menjadi 25,5 x 103 kuman/ml.

Simpulan : Ada pengaruh lama perendaman (0 jam, 3 jam dan 4 jam) terhadap total mikroba pada Ikan Bandeng (p=0,000). Ada pengaruh konsentrasi larutan jahe (0%, 10%, 15% dan 20%) terhadap totalmikroba pada Ikan Bandeng (p=0,000). Ada pengaruh interaksikonsentrasi larutan jahe dan lama waktu perendaman terhadap total mikroba pada Ikan Bandeng (p=0,000).

Kata Kunci : konsentrasi larutan jahe, lama perendaman, total mikroba

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1014 times
PDF - 463 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkmi.8.1.2013.26-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

ISSN 1693-3443 (print) | 2613-9219 (online)
Organized by Department of Public Health, Faculty of Public health, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi 
E : manajerjkmi@unimus.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.