SISTEM INFORMASI SURVEILANS INFEKSI LUKA OPERASI UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN KLINIS DAN ADMINISTRASI DI KAMAR OPERASI BADAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. H. SOEWONDO KENDAL (MANFAAT UNTUK PERBAIKAN MUTU PELAYANAN TINDAKAN BEDAH)

Ratih Sari Wardani(1*), Bambang Shofari(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Pengendalian infeksi nosokomial merupakan salah satu upaya mengembangkan kualitas pelayanan rumah sakit. Salah satu pengendalian infeksi nosokomial adalah surveilens infeksi luka operasi.
Penelitan pendahuluan menunjukan bahwa surveilen luka operasi di BRSUD Kendal belum maksimal karena keterlambatan dan ketidakakuratan pengolahan data yang berimbas pacla ketidaklengkapan dan kesulitan akses data dan informasi. Tuiuan penelitian ini adalah untuk mengetahui disain system informasi surveilens infeksi nosokomial luka operasi yang sesuai dengan kebutuhan pembuatan keputusan klinis clan administrative di ruang
operasi. Metode. Penelitian ini menggunakan disain eksperimen kuasi dengan perlakuan berulang. Analisis data dikerjakan dengan content analysis dari data hasil interview, analisis diskriptif untuk data hasil ujicoba. dan analisis kuantitatif untuk menemukan perbedaan tampilan antara system lama dan baru. Subjek penelitian adalah direktur rumah sakit, ketua komite medis, ketua komite pengendalian infeksi nosokomial, kepala instalasi operasi, dokter bedah, dan staf surveilens. Objek penelitian adalah system informasi surveilens infeksi luka operasi untuk mendukung pembuatan keputusan klinis dan administrative di ruang operasi. Hasil; penelitian ini menghasilkan sebuah disain system informasi surveilens infeksi luka operasi termasuk disain basis data masukan dan keluaran dan intedace. Penerapan system ini dirasakan dapat membuat pengelolaan system informasi lebih sederhana, mudah, lengkap, cepat, dan mendukung kebutuhan pembuatan keputusan klinis dan administratiye.
Simpulan : system surveilens infeksi luka operasi yang diterapkan dapat mengatasi kelernahan system lama khususnya dalam hal kesederhanaan, kemudahan, kecepatan, dan kerepresentatifan tlata.
Katakunci: system informasi. surveilens, infeksi luka operasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 387 times
PDF - 159 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkmi.2.2.2005.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

ISSN 1693-3443 (print) | 2613-9219 (online)
Organized by Department of Public Health, Faculty of Public health, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi 
E : manajerjkmi@unimus.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.