BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA RADIOGRAFER DI INSTALASI RADIOLOGI 4 RUMAH SAKIT DI KOTA SEMARANG

Yuli Hendra(1*), Margo Utomo(2), Trixie Salawati(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: APD adalah salah satu pelindung radiografer dari bahaya efek radiasi. Berdasarkan  pengamatan masih banyak radiografer yang belum patuh menggunakan APD, khususnya radiografer di 4 Rumah Sakit di kota Semarang.

Tujuan : Mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi radiografer dalam menggunakan APD pada saat bekerja.

Metode : Jenis penelitian ini adalah explanatory, metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan Pendekatan croos sectional. Populasi adalah radiografer 4 rumah sakit di kota Semarang. Jumlah sampel adalah 31 orang. Variabel bebas penelitian ini adalah umur, pendidikan, pelatihan, masa kerja, keberadaan Protap. variabel terikatnya adalah praktik pemakaian APD. Analisis data menggunakan Chi Square.

Hasil : Radiografer yang tidak patuh menggunakan APD 96,8 % dan tidak ada hubungan yang bermakna antara umur p = 0,484 pendidikan p = 1,000 pelatihan p = 1,000 masa kerja 0,387 dengan praktik penggunaan APD.

Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara umur, pendidikan, pelatihan, keberadaan protap     dengan praktik penggunaan APD.

Kata kunci : APD, umur, pendidikan, pelatihan, masa kerja, protap


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3389 times
PDF - 2726 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkmi.7.1.2011.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia

ISSN 1693-3443 (print) | 2613-9219 (online)
Organized by Department of Public Health, Faculty of Public health, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang, Indonesia
Published by Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang
W : https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi 
E : manajerjkmi@unimus.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.