HUBUNGAN USIA, GRAVIDITAS DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI DALAM KEHAMILAN

Diana Ratih Puspitasari(1*), Muhamad Taufiqy Setyabudi(2), Afiana Rohmani(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Penyebab langsung kematian ibu terkait kehamilan dan persalinan salah satunya adalah hipertensi dalam kehamilan. Kategori hipertensi dalam kehamilan adalah preeklamsia-eklamsia, hipertensi gestasional, kronik hipertensi dan superimpose preeklamsia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, graviditas dan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan kejadian hipertensi dalam kehamilan.

Metode : Penelitian observasional dengan metode cross-sectional secara prospektif tingkat kemaknaan 95%. Analisis meliputi analisis univariat, bivariat dan multivariat terhadap variabel usia maternal, graviditas dan IMT terhadap kejadian hipertensi dalam kehamilan. Sampel adalah ibu hamil di Poli Rawat Jalan Obstetri dan Ginekologi RSUD Tugurejo Semarang bulan Oktober-Desember 2013. Pengambilan sampel secara total sampling.

Hasil : Didapatkan 43 ibu hamil dengan hipertensi. Analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan graviditas dengan kejadian hipertensi dalam kehamilan (p=0,077). Variabel usia dan IMT menunjukkan ada hubungan dengan kejadian hipertensi dalam kehamilan (OR=2,774; p = 0,004 dan OR = 2,602; p = 0,005). Analisis multivariat menunjukan bahwa usia dan IMT merupakan faktor risiko terjadinya hipertensi dalam kehamilan (OR= 2,774; p = 0,003 dan OR = 2,602; p = 0,004).

Simpulan : Ada hubungan antara usia dan IMT dengan kejadian hipertensi dalam kehamilan, dimana usia merupakan faktor yang paling berpengaruh.

Kata kunci : Usia, graviditas, indeks massa tubuh, hipertensi dalam kehamilan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4117 times
PDF - 3763 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Wonodri Sendang Raya No. 2A Semarang, Jawa Tengah, Indonesia : Telp. +62 24 841 5 764 | email: [email protected] , [email protected]