PENGARUH MOTIVASI DAN KUALITAS SUPERVISI TERHADAP KEPATUHAN BIDAN DALAM DETEKSI PREEKLAMPSIA DI KABUPATEN TEGAL PROVINSI JAWA TENGAH

Natiqotul Fatkhiyah(1*), Kodijah -(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bidan  sebagai pemberi pelayanan terdepan dalam pelayanan KIA dan KB perlu ditingkatkan kualitas pelayanan kebidanan sehingga mampu mencapai target dan standar yangdiharapkan. Kepatuhan bidan  menerapkan standar pelayanan kebidanan bagi kesehatan ibu dananak berdampak dan mempunyai daya ungkit terhadap kualitas pelayanan antenatal yangdiberikan, yang selanjutnya berkontribusi terhadap penurunan angka morbiditas dan mortalitaspada ibu dan bayi. Bidan sebagai tenaga profesional dalam pelayanan kesehatan ibu dan anakwajib mematuhi standar pelayanan kebidanan. Kepatuhan bidan  dalam menerapkan standarpelayanan kebidanan dapat dipengaruhi oleh faktor individu dan organisasi. Karakter individubidan dan didukung oleh faktor organisasi dapat menunjang profesionalisme bidan dalamkepatuhan deteksi preeklampsia.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi dan kualitas supervisiterhadap kepatuhan bidan dalam deteksi preeklampsia di Kabupaten Tegal. Jenis penelitian observasional kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 30 BPM dipilihsecara proportional. Pengumpulan data dengan kuesioner terstruktur dan observasi langsung.Data dianalisis secara kuantitatif dengan uji korelasi Chi-Square dan regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan BPM yang patuh dalam deteksi preeklampsia (83,30%), bermotivasi tinggi (83,30%) dan kualitas supervisi yang baik oleh Bidan Koodinator (46,67%).Faktor yang berhubungan dengan kepatuhan dalam deteksi preeklampsia adalah motivasi(ρ=0,001) dan kualitas supervisi (ρ=0,0001). Secara bersama-sama (motivasi dan kualitassupervisi) berpengaruh terhadap kepatuhan BPM dalam deteksi preeklampsia. Faktor yangpaling dominan berpengaruh terhadap kepatuhan secara berurutan adalah kualitas supervisi (pvalue=0,001,Exp(B)=8,129)danmotivasi(p-value=0,002,Exp(B)=7,167).

Kata Kunci : Kepatuhan,  Deteksi Preeklampsia, Bidan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1116 times
PDF - 582 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id