HERBAL dan KESEHATAN REPRODUKSI PEREMPUAN (Suatu Pendekatan Transkultural dalam Praktik Keperawatan Maternitas)

Sri Rejeki(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan pembangunan Indonesia adalah meningkatkan derajat kesehatan
bangsa. Dalam tujuan ini sangat penting pelibatan seluruh komponen masyarakat Indonesia, lebih pada tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan. Keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan di Indonesia sudah selayaknya berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan masalah kesehatan bangsa.
Kesehatan perempuan merupakan masalah kesehatan yang memerlukan
perhatian dari keperawatan, khususnya keperawatan maternitas. Kesejahteraan dan kesehatan perempuan di Indonesia saat ini masih perlu ditingkatkan, terlihat dari angka kematian ibu dan bayi yang merupakan indikator derajat kesehatan masih relatif tinggi dibandingkan dengan angka kematian ibu dan bayi di negaranegara ASEAN lainnya.
Sebagai tenaga professional  keperawatan maternitas harus didasari konsep keilmuan yang jelas, yang menuntun untuk berpikir kritis-logis-analitis; bertindak secara rasional–etis; serta kematangan untuk bersikap tanggap terhadap kebutuhan masyarakat akan pelayanan keperawatan. Keperawatan sebagai direct human care harus dapat menjawab mengapa seseorang membutuhkan pelayanan keperawatan; domain keperawatan dan keterbatasan lingkup pengetahuan serta bidang garapan praktek keperawatan, berbasis konsep, teori dan struktur substantif dari ilmu
keperawatan sehingga dapat menjadi acuan untuk melihat segala permasalahan pada situasi kehidupan manusia, lingkungan sosial dan budayanya.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 754 times
PDF - 3957 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id