IDENTIFIKASI TELUR CACING USUS PADA LALAPAN DAUN KUBIS YANG DIJUAL PEDAGANG KAKI LIMA DI KAWASAN SIMPANG LIMA KOTA SEMARANG

Rahayu Astuti(1*), Siti Aminah(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Prevalensi infeksi cacing usus di beberapa tempat di Indonesia mencapai
80 % yang umumnya ditularkan melalui makanan/minuman atau melalui kulit. Jenis makanan yang memungkinkan terjadinya penularan adalah jenis sayuran seperti kubis karena kubis seringkali dikonsumsi dalam bentuk mentah atau lalapan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan cara pencucian kubis dan mengidentifikasi telur cacing usus pada lalapan kubis yang dijual pedagang kaki lima di kawasan Simpang Lima Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan jenis penelitian yang
dilakukan adalah “Explanatory Research” dan rancangan penelitian adalah
cross sectional. Populasi adalah seluruh pedagang kaki lima yang menjual
lalapan dari kubis yang berlokasi di sekitar Simpang Lima. Sampel diambil secara “Simple Random Sampling” dan besar sampel 15 pedagang. Data dikumpulkan dengan cara wawancara terhadap pedagang. Data jenis telur cacing usus dan jumlah telur cacing usus diukur dengan menggunakan metode modifikasi pengapungan NaCl jenuh. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian, pedagang lalapan kubis di kawasan Simpang Lima Kota
Semarang yang mencuci kubisnya sebesar 86,7%. Sebanyak 76,9% pedagang mencuci kubisnya dengan air yang tidak mengalir, hanya sebesar 23,1% yang mencuci dengan air mengalir. Pencucian dilakukan dalam keadaan kubis masih utuh (bulatan) dan pada saat akan disajikan bagian terluar dibuang lebih dahulu. Hasil pemeriksaan laboratorium ternyata masih ada 4 sampel kubis (13,3%) yang masih mengandung telur cacing usus yaitu jenis Ascaris lumbriocoides (cacing gelang). Jumlah telur yang ditemukan pada masing-masing sampel hanya 1 telur cacing.
Kata kunci : telur cacing usus, lalapan, daun kubis.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3694 times
PDF - 2861 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id