CHIPS TEMPE SEBAGAI MAKANAN RINGAN ALTERNATIF PENGGANTI JUNKFOOD

Nurhidajah -(1*), Siti Aminah(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehadiran makanan ringan terutama yang diolah dengan teknologi
ekstrusi berkembang sangat pesat segmen pasarnya adalah anak –anak. Dilihat dari bahan dasarnya yang kebanyakan adalah dari serealia, dapat dipastikan makanan ringan jenis ini mempunyai kandungan protein yang kecil, sehingga sering disebut sebagai Junk Chips tempe merupakan alternatif makanan pengganti tersebut. Untuk mendapatkan cita rasa yang dapat diterima, maka dipelajari penambahan berbagai macam tepung dengan proporsi yang bervariasi.
Penelitian menunjukkan bahwa hasil penggunaan jenis bahan penguat
menunjukan ada pengaruh yang signifikan terhadap kadar air chip tempe tetapi konsentrasi tepung tidak berpengaruh terhadap kadar air chips tempe ( 5 %, p : 0,002 < 0,05). Demikian juga terhadap protein , baik dari jenis maupun konsentrsi tepung. Analisis terhadap lemak menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara jenis tepung dan konsentrasi terhadap kadar lemak chips tempe ( 5 %, p : 0,000 < 0,05)
Hasil uji organoleptik secara umum menunjukkan bahwa: tidak ada
kecenderungan tertentu dari penambahan bahan penguat maupun konsentrasi yang digunakan. Meskipun demikian terlihat penambahan tepung tapioka dan maezena mempunyai skor citarasa lebih tinggi dibanding perlakuan yang lainUntuk dapat mengoptimalkan produk dari aspek cita rasa: warna, aroma, kerenyahan dan rasa, maka perlu dicoba penambahan bahan bahan lain yang sudah mempunyai dasar warna dan cita rasa yang spesifik seperti jagung manis, sehingga dapat meminimalkan aftertaste tempe pada chips yang kurang disukai.
Kata kunci: Chips tempe, junk food, bahan penguat, jenis tepung, konsentrasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 613 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id