PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING BERBASIS MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Eko Andy Purnomo(1*), Muhammad Toni Prasetyo(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode numerik merupakan salah satu metode yang mempunyai peran sangat strategis dalam matematika. Masalah yang sulit atau bahkan tidak mungkin diselesaikan secara analitis dapat diselesaikan dengan metode numerik. Berdasarkan observasi awal peneliti disimpulkan bahwa 1) mahasiswa cenderung menghafal dan bukan memahami metode numerik, 2) pembelajaran masih bersifat konvensional, 3) mahasiswa belum mengetahui secara mendalam aplikasi metode numerik dalam kehidupan, 4) pembelajaran belum memanfaatkan aplikasi teknologi. Hal ini menyebabkan mahasiswa pasif dan motivasi belajar juga turun yang mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah masih rendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan pada matakuliah Metode Numerik adalah dengan penerapan model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbasis Maple pada matakuliah Metode Numerik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, dosen hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan kemampuan pemecahan masalah.

Kata Kunci: IDEAL problem solving, Maple, Metode Numerik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 794 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id