ANALISIS POTENSI DESA ASINAN MENUJU DESA EKOWISATA BINAAN HIMADIKMIA DI KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH

Ari Sutono(1*), Lia Herlina(2), Puji Setyowati(3), Nevi Zawa Tasdiqoh(4), Putri Rochayati(5), Marita Mulayningrum(6), Mahardian Muhammad Firdaus(7), Eko Yuliyanto(8)


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(8) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia adalah negara yang kaya akan potensi alam, banyak daerah-daerah yang
berpotensi tapi belum tereksploitasi secara maksimal. Kabupaten Semarang merupakan daerah di Jawa Tengah yang memiliki potensi tersebut. Desa Asinan adalah  salah satu daerah di Semarang yang memiliki potensi alam yaitu wisata Rawa Pening. Rawa pening merupakan kawasan yang menyajikan pemandangan yang masih alami. Danaunya termasuk dalam 15 danau prioritas nasional yang ditetapkan dalam kesepakatan Bali 2009, dengan dasar bahwa Rawa Pening merupakan reservior alami, yag terletak di lokasi yang sangat strategis, yaitu di segitiga pertemuan Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Sekarang desa Asinan sedang mengembangkan menjadi desa Ekowisata.
Perwujudan desa ekowisata diawali dengan didirikanya lembaga POKDARWIS Tirta
Amarta Asinan. Kelompok ini akan menegakkan 5 prinsip Ekowsiata: 1. Pariwisata 2. Ekonomi 3. Pelestarian Lingkungan (Rethink, Repair, Replace, Reuse, Reduce, dan Recycle (6R)) 4. Edukasi Lingkungan 5. Kerjasama masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi desa Asinan menuju desa Ekowisata binaan Himadikmia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif, merupakan data yang diperoleh dari sampel populasi kemudian dianalisis, dengan tehnik pengumpulan data, ada dua macam yaitu kuisioner dan observasi. Hasil dari penelitian ini desa Asinan berpotensi sebagai desa ekowisata binaan Himadikmia, hal ini sesuai dengan observasi dan jumlah presentase quisioner sebanyak 54% menyatakan bahwa potensi alam desa Asinan memadai sebagai desa ekowisata.
Kata Kunci: Desa Asinan, Rawa Pening, ekowisata.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 435 times
PDF - 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id