Hubungan antara Lingkar Pinggang dan Rasio Lingkar Pinggang Panggul (RLPP) dengan Tekanan Darah pada Wanita Dewasa

Erwi Nilasari(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Latar belakaug

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan faktor resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung, penyakit arteri perifer dan stroke.

Penelitian-penelitian epidemilogi menemukan peningkatan prevalensi tekanan darah tinggi dengan meningkatnya obesitas aMominal. Pengukuran antropometri yang dapat digunakan untuk menentukan obesitas aMominal antara lain lingkar pinggang dan rasio lingkar pinggang terhadap lingkar panggul (RLPP).

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beberapa inclikator obesitas aMominal (lingkar pinggang dan RLPP) dengan tekanan dan mengidentifikasi pengukuran yang paling berhubungan dengan peningkatan tekanan darah.

Metode - Rancangan penelitian ini adalah cross-sectional dengan jumlah sampel 34 orang diambil dengan metode consecutive sampling. Data tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik diukur dengan rnenggunakan sphygmomanometer air raksa. Data lingkar pinggang dan lingkar panggul dengan menggunkan pita meteran non elastis. Analisa yang digunakan adalah Rank Spearman

Hasil - Umur berkisar 30 - 50 tahun. Prevalensi obesitas berdasarkan pengukuran lingkar pinggang 52,9 % dan RLPP 82,4 %. Tekanan darah sistolik 2 140 mmHg sebanyak 44,1 % subyek, sedangkan tekanan darah diastolik > 90 mmHg sebanyak 61,8 % subyek. pada uji bivariat diperoleh hasil lingkar pinggang mempunyai hubungan positif dengan tekanan darah sistolik (r: 0,46 ; p : 0,006). RLPP mempunyai hubungan positif dengan tekanan darah sistolik (r : 0,513 ; p : 0,002). Lingkar pinggang mempunyai hubungan positif dengan tekanan darah diastolik (r = 0,36 ; p : 0,036). RLPP mempunyai hub-ungan positif dengan tekanan darah diastolik (r: 0,49 ; p: 0,003) Diskusi - Ada hubungan antara lingkar pinggang dan RLPP dengan tekanan darah sistolik dan diastolik. RLPP merupakan indikator obesitas abdominal yang paling berhubungan dengan peningkatan tekanan darah

Kata Kunci - Hipertensi, Lingkar Pinggang Dan RLPP Proseding


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2140 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id