Hubungan Antara Pola Asuh Dengan Kecemasan Anak Panti Asuhan

Yuswinda Kusumawardhani, Diyan Yuli Wijayanti

Abstract


Latar Belakang - Tidak semua anak beruntung memiliki keluarga yang ideal. Namun perkembangan menuju kedewasaan harus tetap berlangsung dan oleh karena itu anak-anak yang tidak beruntung tersebut tinggal di panti asuhan yang esensinya sebagai pengganti keluarga. Pengasuh panti asuhan pun dituntut melakukan pengasuhan yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan anak. Terbatasnya pengasuh ataupun hal-hal yang membatasi tidak maksimalnya pola asuh yang diberikan dapat menimbulkan kondisi stres yang akan menimbulkan kecemasan.

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh dengan kecemasan anak panti asuhan. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif antara pola asuh dengan kecemasan anak panti asuhan.

Metode - Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Variabel bebas adalah pola asuh dan variabel terikat adalah kecemasan. Subjek dari penelitian ini adalah anak-anak yang tinggal menetap di panti asuhan Yataama Alfirdausi dan berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling sejumlah 80 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi product moment dari pearson'r.

Hasil - Penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara pola asuh dengan kecemasan (r = -0,46,p value 0,000, p<0,01) dengan interpretasi hubungan sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara pola asuh dengan kecemasan. Oleh karena itu cara pengasuhan dan pola asuh yang baik oleh pengasuh dapat mengurangi hingga meniadakan kecemasan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.