KADAR PROTEIN KISTA ARTEMIA CURAH YANG DIJUAL PETAMBAK KOTA REMBANG DENGAN VARIASI SUHU PENYIMPANAN

Endang Triwahyuni Maharani(1*), Yusrin -(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kandungan nutrisi Artemia terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, air dan abu. Protein merupakan kandungan terbesar dapat mencapai 58,58%., sehingga peranannya sebagai pakan sangat dibutuhkan. Kandungan protein di dalam artemia Kista artemia sebagai pakan ikan alami yang telah diawetkan dengan cara pembekuan dibawah suhu 0°C, ditiriskan pada suhu ruang yang memiliki suhu antara 28°C – 31°C, dan pengeringan menggunakan alat ataupun dengan sinar matahari langsung yang suhunya 60°C. Sehingga perlu dilakukan penelitian terhadap kandungan protein berdasarkan suhu penyimpanannya.
Sampel penelitian diambil secara purporsif yaitu kista artemia tidak bermerk (curah) yang dibeli dari petambak artemia di kota Rembang sebanyak 100 gram dalam keadaan kering angin kemudian diambil ± 2 gram untuk penetapan kadar air yang dilakukan secara duplo, diambil ± 15 gram dan dibagi menjadi 15 bagian yang setiap 5 bagian disimpan pada suhu   -20°C, 31°C dan 60°C selama 48 jam kemudian pada setiap suhu penyimpanan ditetapkan kadar proteinnya sebanyak 5 kali menggunakan metode kjeldahl.
Hasilnya sebagai berikut: 1) Kadar protein pada kista artemia setelah penyimpanan pada suhu - 20°C selama 48 jam adalah 46,77 %; 2) setelah penyimpanan pada suhu 31°C selama 48 jam adalah 46,40 %; 3)  setelah penyimpanan pada suhu 60°C selama 48 jam  adalah 41,57 %; 4) Tidak ada pengaruh suhu terhadap kadar protein pada penyimpanan suhu -20°C dengan 31°C, ada pengaruh suhu terhadap kadar protein pada penyimpanan suhu -20°C dengan 60°C, dan ada pengaruh suhu terhadap kadar protein pada penyimpanan suhu 31°C dengan 60°C.

Kata Kunci: kadar protein, kista artemia curah, variasi penyimpanan suhu


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4639 times
PDF - 908 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id