PENGENALAN SUHU DAN INTENSITAS AIR MINERAL DENGAN JARINGAN SARAF TIRUAN

Agung Rahmadi(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan penelitian berupa pengenalan kualitas fisika air mineral dengan menggunakan jaringan saraf tiruan. Kualitas fisika air yang diukur adalah intensitas cahaya dan deviasi temperatur air terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pengukur intensitas cahaya dan deviasi temperatur air terkomputerisasi yang diolah dengan
algoritma jaringan saraf tiruan.
Sensor suhu yang digunakan LM335 dengan kepekaan 10 mV/'C. Sedangkan detektor cahaya yang digunakan adalah LDR. Keluaran LM335 dan LDR dikuatkan oleh serangkaian OpAmp dengan masukan membalik. Komunikasi antarmuka dipilih ADC Card 12-bit produksi Decision Computer lnt'1. Co. Pin 5 digunakan untuk komunikasi LM335, pin 6 digunakan untuk komunikasi LDR. Hasil bacaan suhu dan cahaya yang telah dikalibrasi ditampilkan ke dalam PC. Perangkat lunak ditulis
dengan bahasa Delphi dan penajaman analisis data digunakan algorilma jaringan saraf tiruan. Arsitektur jaringan saraf tiruan yang digunakan mengikuti aturan n-2m-2n-m. Metode pembelajaran yang dipakai perambatan balik (Back Propagation).
Penelitian ini memberikan hasil yang cukup baik. Regresi linier terhadap data kalibrasi suhu menghasilkan persaman digital = 0.0094 x Suhu + 2.7328. Statistik regresinya, R2 = 0.9815. Sedangkan hasil kalibrasi cahaya memberikan persamaan digital = 0.0109 x cahaya + 1.015.
Statistik regresinya, R2 = 0.9684. Secara umum, hasil pengujian jaringan saraf tiruan menyatakan bahwq targ,et keluaran dapat tercapai dengan baik.

Kata kunci : Kualitas fisika air, Suhu, Cahaya, jaringan syaraf tiruan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id