ANALISA KESEHATAN KEUANGAN FOOD AND BEVERAGES (Studi Kasus Pada PT. Indofood Sukses Makmur Bekasi)

Rosyati -(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. Indofood Sukses Makmur merupakan jenis perusahaan makanan dan minuman yang sudah go public. Adanya krisis, perusahaan perlu dianalisis tingkat kesehalan keuangannya.
Selaras dengan tujuan, penelitian ini berbentuk diskriptif. Data diambil  dari poiok BEJ, untuk mengetahui  sehat dan tidaknya, dibandingkan  dengan rata-rata industri.  Diambil sampel 21 perusahaan sejenis sebagai pembandingnya. Rata-rata industri tersebut didasarkan pada kuartil atas (Q1), kuartil tengah / median (Q2) dan kuartil  bawah  (Q3).
Hasil analisis data diperoleh tingkat likuiditas baik kecuali tahun 1999 dan solvabilitas kurang  baik, sehingga ketergantungan terhadap kreditur  tinggi. Tingkat aktivitas perusahaan efektd kecuali tahun 1995, 1996  dan 1997.  Disamping itu efektifitas perusahaan untuk memperoleh laba efektif dan efisiensi penggunaan dana efisien kecuali tahun 1997.Hasil  penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi  PT. Indofood Sukses Makmur dan tempat berpijak pada tahun-tahun yang akan datang.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3077 times
PDF - 1067 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id