HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN MINAT PASIEN DALAM PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN KESEHATAN PADA PRAKTEK DOKTER KELUARGA

Merry Tiyas Anggraini(1*), Afiana Rohmani(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Penyelenggaraan praktek dokter keluarga mempunyai peran yang strategis dalam
reformasi pelayanan kesehatan pada tingkat primer, tujuannya adalah suatu bentuk pelayanan
kesehatan individu dan keluarga serta masyarakat yang bermutu namun terkendali biayanya. Indikator
untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan dokter keluarga adalah dengan melihat mutu
penyelenggaraan pelayanan dokter keluarga itu sendiri. Tujuan penelitian: Mengetahui hubungan
kepuasan pasien dengan minat pasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan kesehatan pada praktek
dokter keluarga di Klinik Sayung Husada. Metoda: Metode penelitian survei deskriptif dengan
menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada sampel terpilih dengan random sampling yang
dilakukan di Klinik Sayung Husada, Sayung, Demak. Jumlah sampel 97 orang. Hasil: Dari hasil uji
statistik dengan menggunakan chi square didapat nilai X2=97,00 dengan p=0,00. P<0,05 artinya
terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan pelayanan Dokter dengan kembali berkunjung ke
Klinik Dokter Keluarga, didapat nilai X2=34,412 dengan p=0,00. P<0,05 artinya terdapat hubungan
yang bermakna antara kepuasan pelayanan tenaga paramedis dengan minat pasien kembali
berkunjung ke Klinik Dokter Keluarga, didapat nilai X2=0,491 dengan p=0,631. P>0,05 artinya tidak
terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan pelayanan tenaga administrasi dengan minat
pasien kembali berkunjung pasien ke Klinik Dokter Keluarga, didapat nilai X2=7,741 dengan
p=0,014. P<0,05 artinya terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan pelayanan sarana dan
prasarana penunjang dengan minat pasien kembali berkunjung ke Klinik Dokter Keluarga.
Simpulan: Sebagian besar responden menyatakan puas terhadap pelayanan Dokter dan pelayanan
tenaga paramedis, sebagian besar responden menyatakan tidak puas terhadap pelayanan sarana
penunjang dan pelayanan administrasi, sebagian besar responden menyatakan berminat untuk berobat
kembali ke Klinik Sayung Husada saat mereka merasakan sakit lagi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 864 times
PDF - 4199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id