PENGARUH PELAYANAN BIDAN DELIMA TERHADAP KEPUASAN KLIEN DI WILAYAH KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Siti Nurjanah(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kualitas pelayanan merupakan tingkat kesempurnaan untuk memenuhi keinginan konsumen.
Kepuasan berupa perasaan senang atau kecewa seseorang yang dialami setelah membandingkan
antara persepsi kinerja atau hasil suatu produk dengan harapan. Penelitian ini ditujukan untuk
menganalisa pengaruh pelayanan Bidan Delima terhadap kepuasan klien di Kecamatan Banyumanik
Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross
sectional. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner tentang kualitas pelayanan Bidan Delima dan
tingkat kepuasan pasien. Populasi aktual dalam penelitian ini adalah pasien bidan delima di
kecamatan Banyumanik Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 98 orang dengan kriteria yang
sudah ditentukan. Hasil pengumpulan data diolah menggunakan uji statistik Chi Square dengan taraf
signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar 87 (88,8%) pasien menyatakan kualitas
pelayanan yang diberikan tinggi dan 88 (89,9%) pasien menyatakan puas. Hasil nilai Fisher’t exact
test ρ 0,000 ( α < 0,05). Kesimpulan dari hasil analisa menunjukkan adanya pengaruh pelayanan bidan
delima dengan kepuasan klien di wilayah kecamatan Banyumanik kota Semarang.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 351 times
PDF - 1796 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id