ANALISIS PEMASARAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEMBUDIDAYA BANDENG (Studi Kasus di Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak, Jawa Tengah)

Maria Dwi Ratnasari(1*), Agus Setiadi(2), Tri Winarni Agustini(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengkaji saluran pemasaran bandeng meliputi besarnya biaya, keuntungan, margin pemasaran serta efisiensinya, mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pembudidaya bandeng di Kabupaten Demak. Kegiatan dimulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2014. Kecamatan Karangtengan merupakan salah satu daerah penghasil bandeng di Kabupaten Demak. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara. Data primer dan sekunder. Metode analisis data regersi linier berganda. Hasil penelitian : 1) Berdasarkan sistem pemasaran diperoleh hasil nilai farmer share yang diperoleh dari hasil analisis sebesar 88,57%, 69,56% dan 86,48% dengan ketetapan efisiensi ≥ 40% harga ditingkat konsumen. Pada nilai margin pemasaran diperoleh Rp 2.000, Rp 7.000 dan Rp 2.500. Nilai efisiensi pemasaran diperoleh nilai sebesar 4,57%; 12,76%; dan 3,78% yang termasuk dalam kategori efisien, serta pola saluran pemasaran bandeng diperoleh tiga pola pemasaran. 2) Berdasarkan analisis uji simultan (uji F) diperoleh hasil bahwa secara serempak variabel yang dihitung dalam model yaitu luas lahan, harga benih, harga pakan buatan, harga pakan alami dan harga tenaga ada pengaruh sangat nyata terhadap jumlah produksi (sig 0,000 < P) dengan koefisien determinasi sebesar 0,913. Hasil regresi pada pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel luas lahan mempunyai nilai positif dan pengaruh yang sangat signifikan terhadap pendapatan, variabel harga pakan alami dan harga tenaga kerja mempunyai nilai negatif dan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan, sedangkan variabel harga benih dan harga pakan buatan memiliki nilai yang negatif dan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan.

Kata Kunci : Pemasaran bandeng, Analisis regresi berganda, pendapatan Pembudidaya bandeng


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1599 times
PDF - 653 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v11i1.1669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: [email protected]