STRATEGI PEMASARAN LEWAT INTERNET (CYBERMARKETING)

Bambang Supradono(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang terkait satu dengan lainnya tanpa ada penguasa / pengatur utamanya. Jumlah pengguna Internet di seluruh dunia diperkirakan sekitar 1 milyar orang - merupakan potensi pasar yang luar biasa (benarkah demikian bagi usahawan Indonesia?). Besarnya potensi pasar yang ada sebetulnya dapat dengan mudah kita prediksi - bayangkan pada tahun 1997 diprediksi bahwa jumlah komputer (PC) yang akan terjual akan melebihi jumlah 100 juta buah. Jumlah ini melebihi jumlah pesawat TV yang terjual di tahun yang sama. Di samping itu, sebagian besar komputer yang terjual tersebut ternyata akan banyak dibeli oleh konsumen pribadi untuk digunakan di rumah. Artinya komputer (PC) merupakan perlengkapan biasa seperti TV atau radio - hal ini menjadi sangat strategis karena sebagian besar PC yang terjual nantinya akan dilengkapi perlengkapan Multimedia PC dengan kemampuan akses Internet. Bayangkan nantinya akan tercipta potensi pasar yang jauh lebih besar daripada TV dengan jumlah kemungkinan besar melebihi 100 juta pengguna di seluruh dunia. Sebelum memasuki materi tentang sisi praktis untuk melakukan usaha di Internet ada baiknya saya membahas sedikit tentang kondisi jaringan komputer / Internet di Indonesia secara garis besar.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1773 times
PDF - 1867 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v4i1.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: [email protected]