Komunikasi Medis: Hubungan Dokter-Pasien

Febri Endra Budi Setyawan

Abstract


Latar Belakang: Hubungan dokter-pasien adalah hubungan antara profesional (dokter) dengan klien (pasien). Untuk membuat hubungan dokter-pasien yang baik adalah menguasai teknik komunikasi yang
baik dengan pasien. Penggunaan komunikasi pasien dengan dokter adalah hal yang paling penting yang disebut dengan Art of Medicine. Interaksi profesional antara dokter dan pasien, biasanya dimulai dari
sejarah, yang dalam makalah ini disebut sebagai wawancara medis. Wawancara medis adalah bagian yang paling penting dalam proses diagnosis karena akan membantu kita dalam membentuk gambaran penyakit pasien seakurat dan seakurat mungkin. Dokter tidak hanya dibutuhkan saat sakit, tapi bila sehat adalah dokter yang benar-benar dibutuhkan untuk mencegah penyakit atau merawat dan meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis pasien. Dokter yang bisa melakukan ini adalah dokter keluarga, yang sudah belajar dan dilatih untuk menangani penyakit sekaligus menjaga kesehatan masyarakat mulai dari lahir hingga manula.
Hubungan dokter-pasien adalah hubungan kepercayaan, jadi tanpa rasa saling percaya di antara keduanya, pengobatan mungkin tidak dilakukan dengan baik.
Kata kunci: Hubungan dokter-pasien, komunikasi medis, komunikasi terapetik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1669 times
PDF - 517 times

DOI: https://doi.org/10.26714/magnamed.1.4.2017.51-57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

                        

 

 

Creative Commons License

MAGNA MEDICA by APKKM is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.