Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kesiapan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler

Aidatul Fitri Mail(1*), Romdzati Romdzati(2)


(1) FK UMYogyakarta, Yogyakarta, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
(2) FK UMYogyakarta, Yogyakarta, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The Relationship of Parenting Patterns with Toilet Training Readiness in Toddler Age Children

Background: One of the child development tasks at toddler age is toilet training. Toilet training is a process of teaching children to control urination and defecation correctly and regularly. The readiness of toilet training in toddler age children is not only influenced by physical, psychological, mental, and parental readiness but can also be influenced by parenting patterns applied to children. There are three kinds of parenting styles including authoritarian, permissive, and democratic.

Objective: This study aims to determine the relationship between parenting patterns and toilet training readiness for toddlers in Yogyakarta.

Methods: This study is a non-experimental study with a correlational design through a cross-sectional approach. The sample in this study were 44 respondents with sampling through purposive sampling technique. Statistical test using chi-square with a=0.05.

Results: This study shows that most parents apply democratic parenting, as many as 30 respondents (68.2%) with toilet training readiness as many as 22 respondents (73.3%). Correlation using chi-square test results obtained p value = 0.040.

Conclusion: Based on data analysis, a significant value of p = 0.040 <0.05 was obtained, which means that there is a relationship between parenting patterns and toilet training readiness in toddler age children.


Latar Belakang: Salah satu tugas perkembangan anak pada usia toddler adalah toilet training. Toilet training adalah suatu proses pengajaran kepada anak untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar secara benar dan teratur. Kesiapan toilet training pada anak usia toddler tidak hanya dipengaruhi oleh kesiapan fisik, psikologis, mental, dan orang tua tetapi bisa juga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang diterapkan ke anak. Pola asuh orang tua ada tiga macam diantaranya otoriter, permisif, dan demokratis.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen dengan desain correlational melalui pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Uji statistic menggunakan chi-square dengan a=0,05.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis yaitu sebanyak 30 responden (68,2%) dengan kesiapan toilet training sebanyak 22 responden (73,3%). Korelasi menggunakan uji chi-square didapatkan hasil nilai p=0,040.

Kesimpulan: Berdasarkan analisis data diperoleh nilai signifikan p=0,040 < 0,05 yang berarti ada hubungan pola asuh orang tua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler.


Keywords


pola asuh; toilet training; toddler

Full Text:

PDF

References


Sugiharti. (2010). Perkembangan anak prasekolah (Golden age).

Hidayat, A. (2005). Pengantar ilmu keperawatan anak I. Jakarta: Salemba Medika.

Djamaludin, E. (2010). Panduan Pintar Merawat Bayi dan Balita. Jakarta: Wahyu Media.

Santrock,J.W. (2007). perkembangan anak. Edisi Ke-11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Wong. D,L. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Edisi

Volume I.Jakarta: EGC. 6.Hidayat. A. (2008). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak Edisi I. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2008). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (untuk perawat dan bidan) Edisi 1. Jakarta: Salemba Medika.

Hurlock, Elizabeth B. (2010). Perkembangan anak jilid I. Edisi enam.Jakarta: Erlangga.

Bokko, D. (2014). Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak usia pra sekolah di kelurahan pantan kabupaten tana toraja. Dosen Akademi Keperawatan Toraja Kabupaten tanu Toraja Propinsi Sulawesi Selatan.

Baker, H. & Lopez, H. (2010). early childhood stimulation interventions in developing countries: a comprehensive literature review. Diakses 29 November 2013, dari http://ftp.iza.org/dp5282.pdf.

Laili, D, K & Ika, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Perkembangan Balita di Posyandu Arjuna RW IV Pos 3 Kelurahan Kemayoran Kecamatan Krembangan Surabaya. Jurna: UNUSA FIK Prodi S1 Keperawatan Surabaya.

Amelia, E. (2014). hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia 3-5 tahun di PAUD Aisyiyah Nur'aini Ngampilan Yogyakarta. Karya Tulis Ilmiah: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ulumuddin, I. (2014). hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik anak usia 3-5 tahun di PAUD Aisyiyah Nur'aini Ngampilan Yogyakarta. Karya Tulis Ilmiah: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dzatullah, Sutomo. (2014). Perbedaan kemampuan motorik kasar siswa dan siswi kelas v SD negeri tlogoadi desa tlogoadi kecamatan mlati kabupaten sleman.

Steinberg. (2011). Adolescence. New York: Mc. Graw Hill.

Baumrind, Amelia. (2014). The Influence of Parenting Style on Adolescent competence and subtance use. Journal of early adolescent, 11 (1), 56-95.

Suririnah. (2010). Perawatan Bayi dan Anak. Jakarta: Gramedia.

Supartini, Y. (2006). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta: EGC.

Batuatas, Risfan. (2012). pengaruh peran ibu terhadap keberhasilan toilet http://jurnal.unimus.ac.id

Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kesiapan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler 10 Vol. 1 No.5 Agustus 2018 training pada anak usia toddler di play group tarbiatush shibiyan mojoanyar mojokerto.

Ratne. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi: Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudi Waluyo Ungaran.

Rini, I.D. (2015). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Bicara dan Bahasa Serta Stimulasinya pada Anak Usia Dini. Diakses November 2013, http://www.google.com/search?output=search&sclient=psyab&q=stimulasi+pada+anak+usia+dini+pdf&btnG=#&psj+1.

Faikoh, N. E. (2014). Pengaruh modelling media video terhadap peningkatan kemampuan toilet training pada anak retardasi mental usia 5-7 tahun di SLBN Semarang. http://pmb.stikestelogorejo.ac.id/e-journal/index.php/ilmukeperawatan/article/view/229/254.

Ningsih, S, F. (2012). Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Ibu dalam Menerapkan Toilet Training dengan Kebiasaan Mengompol Pada Anak Usia Prasekolah di RW 02 Kelurahan Babakan Kota Tangerang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah


Article Metrics

Abstract view : 1472 times
PDF - 490 times

DOI: https://doi.org/10.26714/magnamed.1.5.2018.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by

 

      

 

Creative Commons License

MAGNA MEDIKA by APKKM is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.