IDENTIFIKASI ZAT WARNA RHODAMINE B PADA LIPSTIK BERWARNA MERAH

Mukaromah A.H., Maharani E.T.

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang identifikasi zat warna Rhodamine B pada lipsttk. Populasi Penelitian adalah sediaan lipstik yang berwarna  merah dengan harga kurang atau sama dengan Rp 5000,00 (12 merk) dan sediaan lipstik yang berwarna merah dengan harga lebih Rp
5000,00 (13 merk) yang dijual di Pasar Johar Semarang. Masing-masing sediaan lipstik diambil 40 % dari total populasi secara acak. Metode yang digunakan untuk mangidentifikasi zat warna Rhodamine B adalah metode kromatografi lapis tipis dan jenis penelitian ini deskriptif.
Hasil identifikasi zat warna Rhodamine B dengan metode kromatografi lapis tipis adalah sebagai berikut: a). Lima sampel lipstik yang harganya kurang atau sama Rp 5000,00, 4 sampel lipstik (kode A,C,D,E) mengandung zat wama Rhodamine B karena warna bercak sampel dan baku Rhodamine B sama yaitu berwarna merah muda dan selisih Rf sampel dan Rf baku < 0,2 dm satu sampel lipstik (kode B) tidak mengandung zat warna Rhodamine B karena warna bercak sampel dan baku Rhodamine B tidak sama dan selisih Rf sampel dan Rf baku Rhodamine B lebih dari 0,2. b). Lima sampel lipstik berwarna merah yang harganya lebih dari Rp 5000,00 (kode F, G, H, I, dan J) semuanya tidak mengandung zat warna Rhodamine B karena warna bercak sampel dan baku Rhodamine B tidak sama dan selisih Rf sampel dan Rf baku Rhodamine B lebih dari 0,2.
Kata kunci: Rhodamine B, lipstik berwarna merah, kromatografi lapis tipis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.