HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TERHADAP DIMENSI MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG

Akhmad Mustofa(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Rumah Sakit PKIJ Muhammadiyah Temanggung mempunyai misi yaitu memberikan pelayanan kesehatan optimal berkualitas berdasarkan profesionalisme dan akhlaqul karimah.
Penelitian ini bertuiuan untuk mengetahui hubungan antar persepsi responden terhadap dimensi mutu pelayanan keperawatan (wujud nyata, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati) dengan kepuasan pasien.
Rancangan penelitian yang dipakai adalah cross sectional dan merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dengan jumlah responden 30 orang. Data diolah menggunakan statistic deskiptif kemudian dianalisis secara non parametric menggunakan rumus chi square.
Hasil penelitian didapatkan hubungan antara persepsi terhadap dimensi mutu dengan kepuasan sebagai berikut : Dimensi buki nyata didapatkan X2 = 54.762 dengan nitai P = 0.000, dimensi keandalan didapatkan xz =9.542 dengan nilai P = 0.049, dimensi ketanggapan didapatkan X= 15.696 dengan nilai P = 0.003, dimensi jaminan didapatkan X=16,875 dengan nilai P = 0.019. Kelima dimensi tersebut nempunyai P<0.05 yang berarti terdapat hubungan yang bermakna antara persepsi pasien terhadap mutu pelayanan dengan kepuasan pasien.
Kata kunci : Persepsi, Kepuasan, Mutu Pelayanan Keperawatan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 8775 times
PDF - 3242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.