HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERSEDIAAN SUMBER ATAU FASILITAS DENGAN PERILAKU REMAJA PUTRI DALAM MENJAGA KEBERSIHAN ORGAN GENITALIA UNTUK MENCEGAH KEPUTIHAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PATI

Cahyo Adi Suminar

Abstract


Masalah kesehatan reproduksi yang sering terjadi pada remaja putri salah satunya adalah keputihan. Keputihan yang terjadi dapat bersifat fisiologis (normal) maupun patologis (tidak normal). Perilaku menjaga kebersihan organ genitalia merupakan cara untuk mencegah terjadinya keputihan yang tidak normal pada remaja putri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap dan ketersediaan sumber atau fasilitas dengan perilaku remaja putri dalam menjaga kebersihan organ genitalia untuk mencegah keputihan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati. Jenis penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Proses penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 1-4 September 2010 dengan menggunakan metode simple random sampling dan jumlah sampel 82 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang memiliki pengetahuan tinggi ada 48 orang (58,5%), pengetahuan sedang 12 orang (14,6%) dan pengetahuan rendah ada 22 orang (26,8%). Responden yang memiliki sikap mendukung ada 60 orang (73,2%) dan tidak mendukung ada 22 orang (26,8%). Responden yang memiliki sumber atau fasilitas adekuat ada 58 orang (70,7%) dan yang tidak adekuat ada 24 orang (29,3%). Responden yang memiliki perilaku baik ada 59 orang (72,0%) dan perilaku buruk ada 23 orang (28,0%). Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap dan ketersediaan sumber atau fasilitas dengan perilaku remaja putri dalam menjaga keberihan organ genitalia untuk mencegah keputihan (p value < 0,05).

Kata kunci : Tingkat Pengetahuan, Sikap, Sumber atau Fasilitas, Perilaku Remaja Putri dalam Menjaga Kebersihan Organ Genitalia, Keputihan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.