HUBUNGAN ANTARA DUKUGAN KELUARGA DENGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DI PERUMAHAN SINAR WALUYO SEMARANG

Eko Kurniadi Siswanu(1*), MF. Mubin -(2), Sarah Ulliya(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang; Senam lansia merupakan bentuk peran serta masyarakat lansia dalam upaya bidang kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal serta kondisi menua yang sehat dan mandiri. Sehingga dalam pemanfaatannya diperlukan suatu motivasi yang mampu untuk menggerakkan diri lansia menghadiri senam lansia. Melalui dukungan keluarga yang baik diharapkan akan memunculkan motivasi lansia yang tinggi pula dalam mengikuti kegiatan senam lansia.

Tujuan; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara dukungan keluarga dengan keikutsertaan senam lansia.

Metode penelitian; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non experimental dengan studi korelasional dan pendekatan yang digunakan adalah desain Retrospective. Instrumen berupa kuesioner dukungan keluarga. Subyek penelitian adalah semua lansia usia 60-82 tahun di Perumahan Sinar Waluyo Semarang dengan sample sebanyak 81 orang. Untuk pengolahan dan analisa data uji Continuity Correction.

Hasil penelitian; Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga terhadap keikutsertaan senam lansia, didapatkan hasil uji Continuity Correctiondengan significancy = 0,030 pada a = 0,05

Kesimpulan; Untuk dapat meningkatkan motivasi lansia dalam keikutsertaan senam lansia, hendaknya keluarga memberikan dukungan, seperti halnya dengan mengantarkan lansia mengikuti senam dapat meningkatkan semangat lansia untuk selalu aktif mengikuti senam lansia, dengan mengikuti kegitan senam lansia secara teratur lansia dapat meningkatkan status kesehatannya.

Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Senam Lansia

Daftar Pustaka : 37 (1996 - 2009)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 684 times
PDF - 286 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.