ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA (1 5 TAHUN) DI POSYANDU CEMPAKA DESA NGREMBEL KELURAHAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Eli Setiasih

Abstract


Gizi kurang dan gizi buruk pada balita dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan jasmani dan kesehatan. Akibat jangka panjang yaitu berkaitan dengan kesehatan anak, pertumbuhan anak, penyakit infeksi dan kecerdasan anak. Apabila hal ini dibiarkan tentunya balita sulit sekali berkembang. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi status gizi pada balita adalah pendapatan keluarga, tingkat pengetahuan ibu, tingkat pendidikan ibu, pekerjaan ibu, dan tingkat konsumsi makanan. Hasil survey di posyandu Cempaka Desa Ngrembel diketahui bahwa ada keengganan para ibu untuk menimbangkan berat badan anaknya di posyandu, selain itu juga ditemukan ibu yang menganggap hal biasa melihat berat badan anaknya berada di bawah garis merah.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi anak usia 1- 5 tahun di Posyandu Cempaka Desa Ngrembel Kelurahan Gunung Pati.

Jenis penelitian ini deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak balita di wilayah kerja Posyandu Cempaka Gunung Pati Desa Ngrembel RW VII Kelurahan Gunung Pati kota Semarang yang berjumlah 55 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh.

Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Chi square didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan orang tua dengan status gizi anak balita (p=0,028), terdapat hubungan yang bermakna antara pendapatan orang tua dengan status gizi anak balita (p=0,009), tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pekerjaan ibu dengan status gizi anak balita (p=0,312), terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan status gizi anak balita (p=0,000), terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi makanan yang diberikan dengan status gizi anak balita (p=0,000)

Diharapkan kepada setiap ibu balita untuk memberikan asupan gizi yang baik kepada anak balitanya walaupun dalam kondisi perekonomian keluarga yang pas-pasan.

Kata Kunci : Pendidikan, Pendapatan, Pekerjaan, Pengetahuan, Konsumsi makanan, Status gizi

Pustaka : 27 (1999-2010).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.