SIKAP TERHADAP KEPATUHAN DIIT HIPERTENSI DENGAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DORO II KABUPATEN PEKALONGAN

Anggraeni Puspita, Siti Aisah, Sutoyo -

Abstract


Hipertensi merupakan suatu penyakit kronis yang dapat merusak organ tubuh.Hipertensi juga di sebut juga silent killer karena termasuk penyakit yang mematikan tanpa disertai dengan gejala-gejalanya terlebih dahulu. Salah satu masalah utama dalam mengontrol hipertensi adalah dengan meningkatkan kepatuhan terhadap diit hipertensi dengan tekanan darah pada penderita hipertensi di wilayah kerja puskesmas doro II. Desain penelitian ini mengunakan metode diskriftif korelasi. Populasi semua penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Doro II yaitu berjumlah 110 responden. Teknik pengambilan sampel mengunakan cluster random sampling dan dapatkan jumlah sampel 50 responden. Alat pengumpulan data yang di gunakan adalah kuesioner , lembar pencatatan tekanan darah.

Hasil uji statistik rank sperman di ketahui nilai p = 0,034 ( < 0,05 ) maka Ho ditolak. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan antara sikap terhadap kepatuhan diit hipertensi dengan tekanan darah pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Doro II. Nilai korelasi ( r ) sebesar 0,301 menunjukan bahwa kekuatan hubungan sedang dan arah korelasi negatif, artinya semakin tinggi sikap kepatuhan diit hipertensi akan semakin rendah tingkat tekanan darah.

Kata Kunci : Sikap Kepatuhan diit, Tekanan dara

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 692 times
PDF - 510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.