EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PERIPLASWAB DALAM PEMERIKSAAN ENTEROBIASIS

Didik Sumanto

Abstract


Latar belakang : Pengambilan spesimen pada malam hingga pagi hari sebelum penderita melakukan aktifitas yang dapat mengintervensi area sekitar anus merupakan kunci keberhasilan pemeriksaan kejadian enterobiasis. Kesulitan petugas dalam waktu dan prasyarat kondisi tertentu pada penderita tersebut menjadi masalah tersendiri yang harus dicarikan solusinya. Perlu kiranya diciptakan sebuah alat sampling untuk pengambilan apusan perianal yang aplikatif, murah biayanya, mudah dibuat dan digunakannya.

Tujuan : Untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas alat pengambil spesimen Periplaswab

Metode : Periplaswab diaplikasikan bersama dengan alat lain berupa kaca benda dan selotif yang telah ada sebelumnya, dihitung tingkat efisiensi dan efektifitasnya dalam pemeriksaan dalam sebuah post test design, dikomparasikan hasil antara alat tersebut.

Hasil : Rerata waktu pengambilan spesiemen apus perianal menggunakan periplaswab selama 37,13 detik lebih efisien dari penggunaan alat kaca benda selama 50,26 detik dengan hasil pengujian yang berbeda signifikan (p < 0,05). Dalam waktu pembacaan sediaan, periplaswab memiliki waktu pembacaan rata-rata hanya selama 13,57 menit lebih pendek dari alat kaca benda yang memiliki 18,13 menit. Selisih waktu pembacaan sediaan inipun memberikan perbedaan yang cukup signifikan dalam pengujian (p < 0,05). Hasil temuan jumlah telur cacing menggunakan periplaswab rata-rata sebanyak 312,87 butir/11,5 cm2 lebih banyak dari alat kaca benda 171,87 butir/12,8 cm2. Dengan konversi satuan didapatkan temuan telur cacing sejumlah 27,21 butir/cm2 untuk alat periplaswab dan 13,43 butir/cm2 untuk alat kaca benda dimana hasil tersebut memberikan perbedaan yang sangat signifikan (p < 0,01).

Kesimpulan : Periplaswab merupakan alat pengambil apusan perianal yang lebih efisien dan lebih efektif dibandingkan alat kaca benda dan selotif.

Kata kunci : periplaswab, apusan perianal, enterobiasis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.