GAMBARAN KINERJA PERAWAT DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PERSONAL HYGIENE KLIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH DR. AMINO GONDOHUTOMO SEMARANG

Nurul Amin

Abstract


Kebutuhan personal hygiene klien skizofrenia di beberapa rumah sakit jiwa sering kali terabaikan. Kondisi ini juga terjadi di RSJD Dr. Amino Gondohutomo dimana klien skizofrenia yang di rawat rata-rata mengalami kondisi gangguan perawatan diri khususnya personal hygiene sebanyak 65%. Kondisi klien saat dirawat masih bau, rambut tidak rapi, kondisi sikat gigi yang tidak layak pakai, handuk yang digunakan secara bersama-sama, tidak memakai alas kaki. Kondisi tersebut adalah 90% dari total klien dengan skizofrenia.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja perawat (dari pengkajian sampai evaluasi dan pendokumentasian) dalam memenuhi kebutuhan personal hygiene klien skizofrenia di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang.

Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Populasi dari penelitian ini adalah perawat dengan jumlah partisipan sebanyak 4 orang yang terbagi di ruang VIP, kelas 3, kelas 2 dan kelas 1.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perawat didalam melakukan proses keperawatan pada klien skizofrenia dengan masalah kebutuhan personal hygiene belum optimal. Dalam melakukan pengkajian belum lengkap, merusmuskan diagnosa keperawatan hanya berdasarkan saat klien masuk UGD, merumuskan intervensi tidak lengkap komponennya, dalam melakukan tindakan berdasarkan tingkat ketergantungan, evaluasi dilakukan dengan bertanya dan melakukan observasi. Pada pendokumentasian asuhan keperawatan belum dilakukan dengan optimal, dilakukan hanya seperlunya saja.

Berdasarkan hal tersebut diharapkan perawat dan institusi rumah sakit secara bersinergi melakukan kegiatan pelatihan asuhan keperawatan dan pendokumentasiannya.

Kata Kunci : kinerja, personal hygiene

Daftar Pustaka : 23(1992-2012)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.