EFEKTIFITAS EFFLEURAGE DAN ABDOMINAL LIFTING DENGAN RELAKSASI NAFAS TERHADAP TINGKAT NYERI PERSALINAN KALA I DI KLINIK BIDAN INDRIANI SEMARANG

Dhina Noor Faradilah

Abstract


Selama persalinan ibu mengalami nyeri. Nyeri yang dialami yaitu nyeri pada kala I sampai kala IV. Dalam hal ini pemberi pelayanan sangat penting untuk mengurangi nyeri persalinan yaitu dengan tehnik Effleurage dan Abdominal Lifting dan relaksasi nafas dalam untuk meningkatkan kenyamanan fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektifitas pemberian Effleurage dan Abdominal Lifting dengan relaksasi nafas dalam terhadap penurunan nyeri persalinan kala I di Klinik Bidan Indriani Semarang.

Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah ibu bersalin di Klinik Bidan Indri Semarang yang ditetapkan secara purposive random sampling. Jumlah sampel ada 54 responden yang dibagi 2 kelompok yaitu 27 responden tehnik Effleurage dan Abdominal Lifting dan 27 responden tehnik relaksasi nafas dalam. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dengan skala nyeri numerik.

Hasil analisis uji statistic dengan menggunakan uji Mann- Whitney didapatkan hasil untuk nilai ? = 0,031 < ? 0,05. Artinya kedua upaya penurunan nyeri tersebut sama- sama efektif untuk menurunkan nyeri persalinan kala I tetapi diantara keduanya lebih efektif relaksasi nafas dalam dibandingkan Effleurage dan Abdominal Lifting dengan hasil mean 4,85> 4,30.

Disarankan dapat membantu memenuhi kebutuhan rasa nyaman dalam mengontrol nyeri secara non farmakologis dengan cara memberikan pendidikan kesehatan tentang manajemen nyeri persalinanan pada saat ANC.

Kata kunci : Effleurage dan Abdominal Lifting, relaksasi nafas , nyeri kala I

Daftar Pustaka : 38 (1998-2010)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.