FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN USIA BAYI PERTAMA KALI MENDAPATKAN MP-ASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMBAK AJI SEMARANG

M. Fathkul Mubin, Pujiastuti -

Abstract


Makanan pendamping ASI (MP-ASI) adalah makanan yang diberikan pada bayi mulai usia 4-6 bulan untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi lain yang tidak dapat dicukupi oleh ASl. Kejadian gizi buruk pada bayi antara lain disebabkan oleh pemberian ASI yang salah dan pemberian makanan tambahan yang tidak tepat. Oleh karena itu pola pemberian ASI yang benar dan pemberian makanan tambahan yang tepat perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan usia bayi saat pertama kali mendapatkan MP-ASI. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan masukan bagi profesi, memberikan pengalaman bagipeneliti, menambah referensibagipendidikan dan sebagaipedoman bagimasyarakat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi dan memberikan MP-ASI serta tinggal di wilayah kerja Puskesmas Tambak Aji Semarang yaitu sebanyak 65 responden. Pengambilan sampel dengan total sampling. Adapun variabel dependent adalah usia bayi saat pertama menerima MP-ASI, sedangkan variabel independent adalah pendidikan ibu, pengetahuan ibu, sosial budaya, pendapatan keluarga dan sikap ibu. Data dianalisa dengan uji Spearman Bank. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara tingkat pendidikan ibu, tingkat pengetahuan ibu, sosial budaya (tradisi), daerah setempat, pendapatan keluarga dan sikap ibu terhadap pemberian MP-ASI dengan usia bayi saat pertama menerima MP-ASI.
Kata kunci: MP-ASI, Bayi, Nutrisi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.