ANTARA ANTE NATAL GARE (ANC) DAN POST PARTUM: POTRET PERJALANAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA IBU HAMIL DAN NIFAS DI WILAYAH PUSKESMAS I KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK

Edy Soesanto, Eny Winaryati, Nuke Devi Indrawati

Abstract


Angka Kematian Ibu (AKI) di lndonesia menempati urutan tertinggi di Asia Tenggara, dan cenderuni mengalami kenaikan. Salah satu penyebabnya berhubungan dengan kehamilan dan persalinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjajagi sejauh mana pengetahuan, perilaku dan pola makan yang dialami dan dilakukan oleh lbu hamil dan ibu Nifas sebagai gambaran potret perjalanan Kesehatan Reproduksi diwilayah Puskesmas I Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.  Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kab. Demak, bahwa di Puskesmas l, Kecamatan Guntur, cakupan Kesehatan ibu dan Anak paling rendah. Responden penelitian ini ada 65 ibu nifas. Pengambitan data penelitian dilakukan dengan pengisian kuesioner, serta analisa kadar Hb. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan program SPSS versi 10.

Hasil penelitian didapatkan data; Katagori cukup, untuk pengetahuan lbu hamil tentang ANC 70,8 %, perilaku lbu Hamit dalam melakukan ANC 63,1 %, pola makan yang dilakukan ibu pada saat hamil (61,5 %). Penilaian Pengetahuan ibu nifas tentang persalinan dan paska persalinan sebagian besar masih kurang (60 %). Penilaian perilaku ibu nifas terdapat perimbangan. antara yang tetah berperilaku baik (50,8%) dengan yang cukup dan kurang ( 49,2%). Penilaian pola makan ibu ibu nifas sebagian besar masih kurang (56,9%) Sebagian besar ibu nifas menderita anemia (56,2%). Dengan penyebarannya (66,2%) menderita anemia ringan, (20%) menderita anemia sedang. Sedang yang tidak menderita anemia hanya (13,8 %). Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya dilakukan  penyuluhan, penyampaian informasi tentang kesehatan dan gizi melalui forum pengajian  dan PKK, dilakukan pelatihan kepada kader dan ibu bidan, dicanangkan hijaunisasi dan peternakan guna mendukung peningkatan gizi keluarga melalui penggalakan dan lomba.

Kata kunci: antenatal care (ANC), post partum, kesehatan reproduksi, ibu hamil dan nifas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.