PERSEPSI PERAWAT DAN PASIEN TENTANG KEBUTUHAN ISTIRAHAT TIDUR PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT MARDI RAHAYU KUDUS

Sri Rejeki, Sri Yuniarsih, Aeda Ernawati

Abstract


Latar belakang : Tidur merupakan kebutuhan dasar seperti kebutuhan makan, minum, aktivitas dan lainnya, apabila tidur terganggu dapat menimbulkan pengaruh terhadap kualitas hidup seseorang. Pasien yang sedang dirawat inap membutuhkan istirahat tidur yang cukup sehingga dapat membantu proses penyembuhan penyakitnya.

Metodologi Penelitian : Penelitian ini untuk menggambarkan demografi/karakteristik pasien

dan perawat, persepsi perawat dan pasien tentang kebutuhan istirahat tidur pasien rawat inap. Penetitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan jumlah sampel penetitian 40 perawat dan 40 pasien yang dirawat di ruang rawat inap dengan menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya.

Hasil penetitian : menunjukkan bahwa sebagian besar perawat (75%) mempunpi persepsi yang positif tentang kebutuhan istirahat tidur bagi pasien rawat inap, sedangkan pada pasien sebagian besar (70%) mempunyai persepsi yang negatif tentang kebutuhan istirahat tidur bagi pasien di ruang rawat inap. Perbandingan persepsi istirahat tidur pasien pada perawat dan pasien adalah kebutuhan tidur pada perawat (67,5%) setuju sedangkan pada pasien (57,51) tidak setuju, 55% pasien setuju dengan adanya gangguan tidur sedangkan 50% perawat tidak setuju adanya gangguan tidur berupa alat yang dipakai pasien. Baik pasien maupun perawat tidak setuju dengan cara memulai tidur dengan minum obat tidur dan keduanya setuju dengan cara terbangun dari tidur (mimpi buruk dan peralatan yang dipasang ditubuh pasien)

Rekomendasi : Disarankan bagi lnstitusi Rumah Sakit Mardi Rahayu untuk menghindarkan faktor-faftor yang menyebabkan persepsi tidur pada pasien menjadi negatif yaitu adanya gangguan tidur, kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur dan lingkungan yang mendukung. Perlu dilakukan penetitian lanjutan tentang gangguan-gangguan tidur nyenyak pasien di ruang rawat inap.

Kata Kunci : persepsi, tidur, perawat, pasien


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 767 times
PDF - 1483 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.