TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ISPA PADA BALITA DAN SIKAP TENTANG PENCARIAN PENGOBATAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS J0GONALAN KABUPATEN KLATEN

Tri Nur Hidayati

Abstract


Di lndonesia ISPA mengakibatkan 150.000 kematian balita per tahun akibat pneumonia. Di Puskesmas Jogonalan I Kab. Klaten mempunyai angka pneumonia yang semakin meningkat dan menjadi tertinggi pada bulan Juni 2001 di Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang ISPA pada balita dan sikap tentang pencarian pengobatan di wilayah kerja Pushesmas Jogonalan l Kab Katen.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional, Sampelter diri dari 50 responden dari seluruh orang tua balita di wilayah kerja Puskesmas Jogonalan I Kab Klaten secara proportionalo yang diambil secara accidental. Untuk mendapatkan data yang relevan penulis menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari 3 (tiga) aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku.

Hasil yang diperoleh dari uji sfafistic chi square dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan hasil hubungan pengetahuan dengan perilaku (x2=16,655, df=3, p= 0,001), hubungan antara sikap dengan perilaku (x2=8,655, df=3, p=0,034), dan uji statistic analisa regresi mengahsilkan hubungan pengetahuan, sikap, dengan perilaku (r square= 14,9, p=0,002). Pengetahuan dan sikap secara bersama-sama mempengaruhi perilaku, dan dapat dijelaskan 14,9%, serta pengetahuan (Korelasi parsial= 0,276) lebih mempengaruhi perilaku daripada sikap (Korelasi parsial= 0,206). Hasil uji statistic diatas menunjukkan ada hubungan bermakna antara pengetahuan dengan perilaku, ada hubungan bermakan antara sikap dan perilaku, dan ada hubungan bermakana antara pengetahuan , sikap, dengan perilaku. Dengan hasil ini , maka akan memperkuat teori bahwa pengetahuan dan sikap mempengaruhi perilaku, Puskesmas akan mengikuti petunjuk pelaksanaan program penanggulangan ISPA, orangtua balita mendapatkan informasi tentang ISPA melalui penyuluhan perawat kesehatan masyarakat, dan bagi peneliti Ianjutan mengetahui serta mengantisipasi keterbatasan peneIiti.

Kata Ku nci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku, ISPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 814 times
PDF - 387 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.