Penerapan Kompres Hangat Untuk Menurunkan Suhu Tubuh Pada Anak Dengan Hipertermia

Ida Faridah(1*), Edy Soesanto(2)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Demam pada anak merupakan akibat dari perubahan pada pusat panas (termoregulasi) di hipotalamus, demam dapat membahayakan keselamatan anak jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan menimbulkan komplikasi lain seperti, hipertermi, kejang dan penurunan kesadaran. Penerapan kompres hangat ini merupakan salah satu terapi komplementer yang dapat diberikan untuk memban­tu mengendalikan dan menurunkan suhu tubuh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompres hangat terhadap penurunan suhu tubuh pada pasien dengan hipertermia.Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif. Sampel diambil 2 anak yang mengalami febris >38,5 ºC dan dikelola selama 3 hari dengan pemberian tindakan keperawatan berupa terapi pemberian kompres hangat  dengan frekuensi 2 kali/hari selama 10 menit saat demam. Pengumpulan data menggunakan buku status, wawancara, observasi dan metode proses keperawatan. Bahan yang di gunakan menggunakan air hangat suhu 36,5ºC-37,5ºC dengan termometer air, menggunakan waslap dan alat untuk mengukur suhu tubuh menggunakan termometer digital. Terdapat penurunan suhu tubuh pada 2 responden yang mengalami hipertermia menggunakan terapi kompres air hangat selama 3 hari pada responden 1 39,3ºC menjadi 37,3º dan pada  responden ke 2 terjadi penurunan suhu dari suhu awal 38,5 ºC setelah 3 hari menjadi 36,6oC. Hasil perawatan menunjukan bahwa terjadi penurunan suhu sesuai target yang ingin di capai menjadi suhu normal. Terapi kompres hangat efektif untuk menurunkan suhu tubuh yang dialami anak hipertermia

Keywords


kompres hangat; suhu tubuh; anak

Full Text:

PDF

References


Asmadi. (2016). Teknik Prosedural keperawatan keperawatan konsep dan aplikasi kebutuhan dasar Klien. Salemba Medika.

Dewi, A. K. (2016). Perbedaan Penurunan Suhu Tubuh antara Pemberian Kompres Hangat dengan Tepid Sponge Bath pada Anak Demam. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 1(1), 63–71.

Fadli, A. H. (2018). Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Perubahan Suhu Tubuh Pada Pasien Febris. Kesehatan Pencereah, 7(7).

Gebreyesus, A., & Negash, L. (2015). International Journal of Infectious Diseases Diagnosis and Treatment of Typhoid Fever and Associated Prevailing Drug Resistance in Northern Ethiopia. International Journal of Infectious Diseases, 35, 96–102.

Hartina & Pertiwi. (2015). Efektifitas Kompres Air Hangat Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak Demam Usia 1-3 Tahun Di SMC RS Telogorejo Semarang.

Kurnia Dewi Anisa. (2019). Efektifitas kompres hangat untuk menurunkan suhu tubuh pada An.D Dengan Hipertermia. Ilmiah Ilmu Kesehatan, 5(2).

Kykle T, C. S. (2014). Keperawatan Pediatri (W. D. Praptiani W, Tiar E, Yuliani D, Ed.). EGC.

Mahdiyah, D., & Rahman, R. T. A. (2015). Perbedaan Efektifitas Kompres Hangat Basah Dan Plester Kompres Terhadap Penuruan Suhu Tubuh Anak Demam Typhoid. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 6(1), 35–47.

Nova Ari Pangesti. (2020). Penerapan Kompres Hangat Dalam Menurunkan Hipertermia Pada Anak Yang Mengalami Kejang Demam Sederhana. Nursing Science Journal (NSJ, 1(1), 29–35.

Purba, I. E., & Wandra, T. (2016). Program Pengendalian Demam Tifoid di Indonesia : tantangan dan peluang.

Syamsul, S. &. (2015). Pengaruh kompres tepid sponge hangat terhadap penurunan suhu tubuh pada anak umur 1-10 tahun dengan hipertermi di RSUP Tugurejo Semarang.

Wardiyah A, Setiawati, R. U. (2016). Perbandingan Efektifitas Pembrian Kompres Panas dan Tepid Sponge Terhadapa Penurunan Suhu Tubuh Anak yang Mengalami Demam Ruang Alamanda RSUD dr. H. Abdul Moeloek Lampung. Jurnal Kesehatan Holistik, 10(1), 36–44.


Article Metrics

Abstract view : 1653 times
PDF - 748 times

DOI: https://doi.org/10.26714/hnca.v1i2.10988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats
Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]