DAYA HAMBAT LARUTAN MADU (Apis cerana) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Porphyromonas gingivalis PENYEBAB GINGIVITIS METODE DIFUSI PAPER DISK

Judan Alfithra Izzulhaq(1*), Mudyawati Kamaruddin(2), Steffi Triany Arnov(3)


(1) Universitas Muhammadiiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Gingivitis merupakan salah satu penyakit periodontal. Gingivitis memiliki gejala klinis seperti gingiva merah, bengkak, mudah berdarah dan tidak ada kerusakan tulang alveolar. Sifat antibakteri madu dikaitkan dengan osmolaritasnya yang tinggi, kandungan hidrogen peroksida, pH rendah, dan aktivitas udara yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana madu Apis cerana menghambat pertumbuhan bakteri Phorphyromonas gingivalis.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan post test only group design. Konsentrasi larutan madu yang digunakan adalah 60%, 75%, dan 90%. Bakteri Phorpyromonas gingivalis merupakan variabel dependen dalam penelitian ini.

Hasil: Penelitian ini menemukan bahwa larutan madu Apis cerana pada konsentrasi 60%, 75%, dan 90% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Phorpyromonas gingivalis, dengan 90% memiliki zona hambat terbesar. Menurut uji Kruskal-Wallis, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan perlakuan .

Kesimpulan: Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa larutan madu Apis cerana memiliki efek penghambatan terhadap pertumbuhan bakteri Phorphyromonas gingivalis semakin tinggi konsentrasi larutan maka semakin tinggi pula zona hambat yang terbentuk.


Keywords


madu; Apis cerana: Phorphyromonas gingivalis; antibakteri; Daya hambat

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF - 79 times

DOI: https://doi.org/10.26714/ijd.v3i1.11932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Dentistry

Commitment to quality

A blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Indonesian Journal of Dentistry (IJD), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Indonesian Journal of Dentistry is published by Faculty of Dentistry of Universitas Muhammadiyah Semarang (FKG Unimus). It's managed by Universitas Muhammadiyah Semarang.